Diklatama adalah Kaderisasi CBP KPP, Ambulu Buka Registrasi

Diklatama adalah kaderisasi CBP KPP, Ambulu Buka Registrasi
Diklatama adalah kaderisasi CBP KPP, Ambulu Buka Registrasi

MEDIA IPNU – Diklatama adalah jenjang kaderisasi formal di internal CBP KPP. Melaui Diklatama, maka pelajar akan secara resmi dan sah menjadi anggota Corp Brigrade Pembangunan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (CBP IPNU) – Korps Pelajar Putri Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (KPP IPPNU). Diklatama adalah pintu masuk seluruh anggota IPNU IPPNU untuk menjadi bagian dari korps.

Berkenaan dengan hal itu, Dewan Koordinasi Anak Cabang (DKAC) CBP IPNU - KPP IPPNU Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur, menetapkan pelaksanaan program kerja Diklatama (Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Pertama) pada bulan Agustus mendatang.

“Daftarkan diri kalian di DIKLATAMA III DKAC CBP KPP Kecamatan Ambulu,” rilis PAC IPNU IPPNU Ambulu melalui akun instagramnya.

Dijelaskan, time line menuju Diklatama dimulai pada agenda pendaftaran calon peserta. Pendaftaran dimulai pada tanggal 11 hingga 24 Juli 2022. Bagi seluruh calon peserta dapat mendaftar secara online melalui formulir ini: https://surveyheart.com/form/62bf2814d2ae5a14636ec589.

Setalah proses pendaftaran, panitia pelaksana akan melakukan Seleksi Peserta. Agenda seleksi tersebut berlangsung pada tanggal 24 Juli 2022 di MA Ma'arif Ambulu.

Kemudian pasca seleksi peserta, panitia akan menggelar agenda TM (technical meeting) di MWC NU Ambulu pada tanggal 3 Agustus 2022.

Diklatama akan berlangsung selama tiga hari, yaitu tanggal 5-7 Agustus 2022 di Lapangan Langon, Ambulu.

Bagi seluruh rekan-rekanita yang ingin mengikuti Diklatama atau sekedar bertanya mengenai teknis kegiatan bisa menghubungi panitia, yaitu: Komandan  Ifa (085806798695 dan Komandan Dinda (085745396232).

Diklatama adalah kaderisasi CBP KPP, Ambulu Buka Registrasi
Diklatama adalah kaderisasi CBP KPP, Ambulu Buka Registrasi

Sekilas Tentang CBP IPNU dan KPP IPPNU

CBP KPP adalah salah satu lembaga semi otonom dari organisasi IPNU dan IPPNU. CBP sebagai lembaga IPNU. Sedangkan KPP adalah lembaga dalam IPPNU. Hal hal yang mendasar mengenai CBP IPNU ditetapkan dalam Putusan Rakernas IPNU tahun 2019 di Lampung. Sedangkan mengenai KPP IPPNU diatur dalam Putusan Konbes IPPNU di Banten tahun 2020.

Secara umumnya, baik CBP IPNU maupun KPP IPPNU memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang hampir sama. CBP IPNU di ranah Pelajar Putra, sedangkan KPP IPPNU ialah Pelajar Putri. Lembaga CBP didirikan pada tanggal 31 Oktober 1964. Sedangkan KPP didirikan 28 Oktober 1964. Keduanya didirikan dalam forum Rakernas dan Konferensi Besar IPNU IPPNU di Pekalongan pada tanggal 25-31 Oktober 1964.

Sekilas tentang Diklatama Pelajar NU

Diklatama adalah Pendidikan dan Pelatihan yang memiliki sasaran untuk memperkenalkan IPNU dan IPPNU secara umum, dan CBP KPP khususnya, kepada calon anggota baru korps untuk menjadi anggota CBP IPNU dan KPP IPPNU secara sah, sekaligus membangun komitmen dan watak kader dalam kebersamaannya membangun Bangsa.

Diklatama merupakan jenjang kaderisasi yang pertama dalam korps. Sebelum dilaksanakan Diklatama alangkah lebih baiknya calon peserta diberikan orientasi (pengenalan) korps terlebih dahulu. Orientasi dapat dikemas dengan kegiatan yang menyenangkan sesuai dengan bidang garap korps dan sesuai dengan minat calon anggota korps. Misalnya kegiatan outbond, bhakti sosial atau berkemah. Kemudian pada saat orientasi tersebut dapat disisipi dengan memperkenalkan korps.

Tujuan Diklatama Pelajar

Membentuk watak dan rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan dan masyarakat. Membangun watak dengan mengembangkan nilai-nilai pengabdian pada kegiatan sosial kemanusiaan.Menambah wacana tentang wawasan kebangsaan. Memahami Ajaran Ahlus Sunnah wal Jamaah. Memahami eksisitensi IPNU IPPNU. Memahami korps. Memiliki rasa kepedulian dan kepekaan sosial yang tinggi.(dn)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama