Kader IPPNU Cianjur Ini Ajak Millenial dan Gen Z Melek Digital

Kader IPPNU Cianjur Ini Ajak Millenial dan Gen Z Melek Digital
Siti Asyro Nurjanah pengurus divisi media dan penerbitan PC IPPNU Kabupaten Cianjur | NU Online Jabar

MEDIA IPNU - Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama, disingkat dengan IPPNU, merupakan badan otonom di bawah NU yang memiliki jumlah kader pelajar sangat banyak dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa dan komisariat. Siti Asyro Nurjanah, kader IPPNU Cianjur ini ajak millenial dan gen Z melek digital.

Dengan momentum HUT ke-77 Republik Indonesia, Siti Asyro Nurjanah memiliki perhatian khusus terhadap pentingnya melek digital.

Asyro, sapaan akrabnya, adalah perempuan cantik kelahiran Cianjur, Oktober 2003, yang kini aktif sebagai pengurus divisi media dan penerbitan PC IPPNU Kabupaten Cianjur.

"Millenial dalam hal ini pelajar dan santri harus lebih fokus dan melek terhadap perkembangan dunia digital yang semakin update begitu cepat," kata Asyro, Sabtu (20/08/2022).

Menurut perempuan asal Kampung Pasir Pilar, RT 02 RW 08, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur, mengungkapkan pentingnya millenial sadar digital, karena kita sudah masuk ke zaman dimana semua serba media, jadi serba mudah, dan kita bisa mendapatkan informasi dari media.

"Karenanya harus pintar-pintar memanfaatkan media, share berita kegiatan tentang IPPNU, dan mengenalkan IPPNU lewat media. Meski dibalik semua itu, tentu di media ada sisi positif dan negatifnya," kata putri pasangan Bapak Mustopa dan Ibu Ukoh tersebut.

Bagi santriwati lulusan Pondok Pesantren Al Barkah Warujajar dan Pondok Pesantren Majlisul Qurro Walhuffadz Maleber ini menerangkan pentingnya berhati-hati dalam menggunakan media, terutama media sosial.

"Mestinya kita harus bisa meresapi dan memahami berita yang tersebar, jangan cuma ngambil pandangan satu sisi saja. Pintar-pintarlah memainkan media dan berita yang tersebar, jangan sampai terkena hoaks, saringlah sebelum sharing," imbuhnya sembari mengajak.

Melalui momentum peringatan HUT ke-77 RI, Asyro mengajak millenial dan generasi Z, khususnya kader IPNU-IPPNU untuk terus meningkatkan kapasitas diri sebagai agen perubahan, dalam hal ini media digital.

"Manfaatkan media dengan sebaik mungkin, ambil segala hal yang berbau positif dan harus bisa mengantisipasi dampak negatifnya," pungkasnya dengan nada penuh optimis.

Sebagai informasi, menurut Beresfod Research, secara umum pengelompokan generasi adalah sebagai berikut:

  • Baby Boomers: kelahiran 1946-1964 dan berusia antara 58-76 tahun pada 2022.
  • Gen X: kelahiran 1965-1980 dan berusia antara 42-57 tahun pada 2022.
  • Gen Y atau Millennials: kelahiran 1981-1996 dan berusia antara 26-41 tahun pada 2022.
  • Gen Z: kelahiran 1997-2012 dan berusia antara 10-25 tahun pada 2022.

Sementara yang terbaru adalah Generasi Alpha, yaitu mereka yang lahir antara tahun 2010-2011 hingga sekarang. Dengan demikian, jika kader IPNU-IPPNU hari ini berusia 13-24 tahun, maka mereka semua adalah generasi Z.

Baca juga:

Kader IPPNU Cianjur Ini Ajak Millenial dan Gen Z Melek Digital. Ini Kader IPPNU Cianjur Ini Ajak Millenial dan Gen Z Melek Digital. Info Kader IPPNU Cianjur Ini Ajak Millenial dan Gen Z Melek Digital. Nah, Kader IPPNU Cianjur Ini Ajak Millenial. Baru, Kader IPPNU Cianjur Ini Ajak Millenial. New, Kader IPPNU Cianjur Ini Ajak. Kader IPPNU Cianjur.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama