Pelajar Indonesia Masuk 10 Besar Dunia dalam WSDC 2022

Pelajar Indonesia Masuk 10 Besar Dunia dalam WSDC 2022
Anggota Timnas WSDC Indonesia yang berhasil lolos 10 besar dunia. Foto: istimewa

MEDIA IPNU - Pelajar Indonesia Masuk 10 Besar Dunia dalam WSDC 2022. Pandemi COVID-19 tak halangi pelajar di Indonesia untuk tetap berprestasi. Terbaru, Timnas Kejuaraan Debat Sekolah Tingkat Dunia World School Debating Championship (WSDC) 2022 Indonesia berhasil masuk dalam peringkat 10 besar dunia. Berbekal hal tersebut, sejumlah pelajar RI bakal bertanding di WSDC 2023 di Vietnam.

Sebagai informasi, WSDC merupakan kejuaraan debat tingkat dunia tahunan yang mempertemukan tim debat jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) di seluruh dunia. Tiap negara akan diwakilkan oleh sebuah tim yang terdiri atas 4-6 peserta. Di tahun 2022 ini, ada 66 negara yang ikuti ajang tersebut.

"Tim Indonesia ini dibentuk sejak awal Januari tahun 2022 dan telah menjalani pelatihan nasional di bulan Juli 2022 dengan dukungan Pusat Prestasi Nasional yang berada di bawah Kemendikbud Ristek Dikti dan Indonesia telah mengirimkan personel terbaik dari para pelajar Indonesia yang mempunyai talenta yang luar biasa. Bukan saja dari sisi penguasaan bahasa Inggris tetapi juga penguasaan permasalahan dunia," ujar Rahmat dikutip dari kumparan.com (Kamis, 18/8/2022).

Pelajar Indonesia Masuk 10 Besar Dunia dalam WSDC 2022
Tim pelajar Indonesia yang sukses meraih peringkat 10 besar Dunia di ajang World School Debating Championship (WSDC) 2022, berfoto bersama usai menjalani lomba debat secara daring di Hotel Platinum. (Foto : Adhitya Asros)

WSDC 2022 ini bakal digelar online dengan 2 divisi yang berbasis zona waktu. Diketahui Indonesia berhasil menang melawan Albania, Tanzania, Kamboja, Thailand, dan Taiwan. Dengan kemenangan tersebut Tim Indonesia berhasil menduduki peringkat 10 dan melaju ke babak eliminasi.

Mosi debat dalam ajang tersebut mencakup berbagai permasalahan dunia seperti  Hubungan Internasional, Pendidikan, Lingkungan, Media Massa, Politik, Ekonomi, Post Kolonialisme serta permasalahan dunia lainnya. Tim WSDC Indonesia tahun ini juga dipersiapkan untuk WSDC tahun 2023 yang akan dilaksanakan secara luring di Vietnam.

"Prestasi yang diraih  Timnas WSDC 2022 ini tak lepas dari persiapan yang dilakukan sebelumnya. Persiapan tersebut antara lain  ikut serta dalam debat-debat internasional lain sehingga mereka mempunyai gambaran tentang pola permainan serta strategi yang seharusnya dimainkan," ujar Bonfilio Dazzle Valeriano Gyula, peserta Timnas WSDC 2022.(af)

Baca juga:

Pelajar Indonesia Masuk 10 Besar Dunia dalam WSDC 2022. Info Pelajar Indonesia Masuk 10 Besar Dunia dalam WSDC 2022. Ini Pelajar Indonesia Masuk 10 Besar Dunia. Kini Pelajar Indonesia Masuk 10. Pelajar Indonesia Masuk.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama