Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya di Tanah Air

Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya di Tanah Air
babatpost.com

MEDIA IPNU - Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya di Tanah Air. Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Prof. Dr. Dr. (HC). H. Susilo Bambang Yudhoyono, M.A. (lahir 9 September 1949), atau lebih dikenal dengan istilah SBY adalah Presiden Indonesia keenam yang menjabat sejak 20 Oktober 2004 sampai 2014. Ia merupakan Presiden pertama di masa Reformasi yang terpilih melalui pemilihan umum secara langsung. Susilo Bambang Yudhoyono bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, terpilih dalam Pemilu Presiden 2004.

Ia berhasil melanjutkan pemerintahannya untuk periode kedua dengan kembali memenangkan Pemilu Presiden 2009, kali ini bersama Wakil Presiden Boediono. Sejak era Reformasi dimulai, Susilo Bambang Yudhoyono merupakan Presiden Indonesia pertama yang menyelesaikan masa kepresidenan selama 5 tahun dan berhasil terpilih kembali untuk periode kedua.

Yudhoyono yang dipanggil "Sus" oleh orang tuanya dan populer dengan panggilan "SBY", melewatkan sebagian masa kecil dan remajanya di Pacitan. Ia merupakan seorang pensiunan militer. Selama di militer ia lebih dikenal sebagai Bambang Yudhoyono. Karier militernya terhenti ketika ia diangkat Presiden Abdurrahman Wahid sebagai Menteri Pertambangan dan Energi pada tahun 1999, dan tampil sebagai salah seorang pendiri Partai Demokrat.

Pangkat terakhir Susilo Bambang Yudhoyono adalah Jenderal TNI sebelum pensiun pada 25 September 2000. Pada Pemilu Presiden 2004, keunggulan suaranya dari Presiden Megawati Soekarnoputri membuatnya menjadi presiden pertama yang terpilih melalui pemilihan langsung oleh rakyat Indonesia. Hal ini dimungkinkan setelah melalui amendemen UUD 1945.

Masa kepresidenan

MPR pada periode 1999–2004 mengamendemen Undang-Undang Dasar 1945 UUD 1945 sehingga memungkinkan presiden dan wakil presiden dipilih secara langsung oleh rakyat. Pemilu presiden dua tahap kemudian dimenanginya dengan 60,9 % suara pemilih dan terpilih sebagai presiden. Dia kemudian dicatat sebagai presiden terpilih pertama pilihan rakyat, dan tampil sebagai Presiden Indonesia keenam setelah dilantik pada 20 Oktober 2004 bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla. Ia unggul dari Megawati Soekarnoputri-Hasyim Muzadi pada pemilu 2004.

Kabinet Indonesia Bersatu

Pada saat pelantikannya pertama kali sebagai presiden, Yudhoyono mengumumkan kabinet barunya, yang akan dikenal sebagai Kabinet Indonesia Bersatu yang terdiri dari 36 menteri, itu termasuk anggota Partai Demokrat, Golkar dan PPP, PBB, PKB, PAN, PKP, dan PKS. Kalangan profesional juga disebutkan dalam kabinet, sebagian besar dari mereka mengambil pelayanan di bidang ekonomi. militer juga disertakan, dengan 5 mantan anggota yang ditunjuk untuk kabinet. Sebagai Yudhoyono berjanji selama pemilu, empat dari yang ditunjuk kabinet adalah perempuan.

Yudhoyono Kabinet Indonesia Bersatu II diumumkan pada bulan Oktober 2009 setelah ia terpilih kembali sebagai presiden awal tahun. Wakil presiden dalam kabinet kedua Yudhoyono adalah Dr Boediono. Boediono menggantikan Jusuf Kalla yang adalah wakil presiden Yudhoyono di kabinet pertama.

Pemilihan presiden diadakan di Indonesia pada tanggal 8 Juli 2009. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memenangkan lebih dari 60% (60,08%) suara di putaran pertama, yang memungkinkan dia untuk mengamankan pemilihan ulang tanpa run-off. Yudhoyono secara resmi dinyatakan pemenang pemilu tanggal 23 Juli 2009, oleh Komisi Pemilihan Umum. Kandidat lainnya adalah Megawati Soekarnoputri PDI-P Partai 26,79%, Jusuf Kalla Partai Golkar 12,41%.

DPP KNPI Beri Penghargaan Bapak Demokrasi Kepada SBY

Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya di Tanah Air
Mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (tengah), bersama atlet Pacitan proyeksi Porprov VII Jatim di Pacitan, Minggu 22 Mei 2022. (Foto: Istimewa)

Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) akan memberikan penghargaan “Bapak Demokrasi” kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono karena menjadi Presiden Pertama RI yang terpilih melalui pemilihan langsung secara demokratisdan terpilih 2 (dua) periode, serta mampu membangun dan menjaga suasana kebangsaan yang demokratis sehingga tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia mampu menjangkau angka 6,8 persen.

Rencana pemberian penghargaan itu disampaikan oleh Ketua Umum DPP KNPI Taufan Eko Nugroho Rotorasiko saat diterima Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Jakarta, Minggu (21/10/2012) sore. aufan mengapresiasi kesediaan Presiden SBY untuk bertemu dengan KNPI.

“Acara pemberian penghargaan akan digelar pada Desember nanti,” kata Taufan yang mengapresiasi kesediaan Presiden SBY menerima DPP KNPI. "Ini merupakan tanda dukungan Presiden pada KNPI dan pemuda-pemudi Indonesia," Taufan menambahkan.

Kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua Umum DPP KNPI Taufan Eko Nugroho Rotorasiko menyampaikan laporan rencana pelaksanaan rapat kerja nasional yang pertama untuk kepengurusan saat ini di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 22-24 Oktober.

Taufan mengatakan Rakernas dimaksudkan untuk mengumpulkan semua potensi kepemudaan yang ada di KNPI, serta menentukan arah kebijakan dan program ke depan. Rakernas KNPI bertemakan "Kembali ke Khitah Sumpah Pemuda 1928 dengan Memperjuangkan Semangat Nasionalisme dan Kemandirian Pemuda" dan akan membahas tiga isu utama, yaitu: 1. Membangun karakter pemuda Indonesia; 2. Membangun semangat nasionalisme; dan 3. Membangun kebangsaan seluruh masyarakat Indonesia.

Rakernas juga akan membahas beberapa program kerja KNPI, salah satunya adalah Parade Pemuda Nusantara dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2012.

“Parade Pemuda Nusantara ini diselenggarakan untuk mempererat persatuan dan kesatuan pemuda,” ujar Taufan.

Dalam kesempatan bertemu Presiden SBY itu, DPP KNPI juga menyampaikan permohonan agar dapat dilibatkan dalam perjalanan dinas Presiden baik ke dalam maupun ke luar negeri.

"Presiden menyambut baik. Kami langsung diajak pergi ke London bersama beliau," kata Taufan. Akhir Oktober hingga awal November, SBY berkunjung ke London, Inggris atas undangan Ratu Elizabeth II.

Saat menerima DPP KNPI itu, Presiden SBY didampingi antara lain  oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, Menteri Pemberbedayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Agum Gumelar, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi dan Sekretaris Kabinet Dipo Alam.

Gelar Kehormatan Semeton Tamiu Utama SBY

SBY menyatakan rasa bangga atas penganugerahan gelar Kehormatan “Semeton Tamiu Utama”, yang diberikan Desa Pekraman Tampak siring Gianyar yang digelar Pura Puseh Bala Agung Desa setempat, Minggu (23/3/2014)

“Saya beserta istri, merasa sangat terhormat mendapatkan gelar ini dan menerimanya engan penuh rasa syukur dan kebanggaan yang sangat tinggi,” ujar presiden yang juga didampingi Gubernur Bali Made Mangku Pastika. Dalam kesempatan itu, SBY memaparkan tentang berbagai hal yang telah dilakukannya di Istana Tampaksiring yang lokasinya masih di desa Tampaksiring juga. Selama masa baktinya yang hampir sepuluh tahun, SBY telah mengunjungi Istana Tampaksiring sebanyak lebih dari 20 kali. Menurut SBY istana tersebut sangat nyaman digunakannya baik sebagai tempat kerja maupun tempat pertemuan tingkat kabinet hingga pertemuan bilateral. SBY mengurai pertemuan bilateralnya yang pertama dengan mantan Presiden Timor Leste dengam Xanana Gusmao di Istana Tampaksiring pada tahun 2004, akhirnya dapat mencairkan kebekuan hubungan politik Indonesia dan Timor Leste yang memburuk dari tahun 2002,. Di istana yang dibangun oleh Bung Karnolah lahir kesepakatan antara kedua negara yang bernama “The Truth and Friendship”, sebuah kesepakatan untuk mengakhiri konflik antara kedua negara dan menyatakan ketidaksetujuan kedua negara dengan opsi penyelesaian yang diajukan oleh PBB dan beberapa negara barat. Bahkan, menurutnya di istana Tampaksiring tercetus berbagai event internasional seperti KTT PBB tentang Perubahan Iklim pada tahun 2007. “Saya terinspirasi dengan filosofi masyarakat Bali yaitu Tri Hita Karana, dan bagaimana hubungan manusia dengan alam, maka akhirnya terciptalah KTT itu,” katanya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan Tampaksiring merupakan tempatnya berkarya, baik karya seni maupun penggodokan program besar pemerintah MP3EI ( Masterplan Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indoneia) , yaitu suatu rencana besar untuk membangun infrastruktur dan ekonomi Indonesia yang dilakukan secara bertahap dari tahun 2013-2025 dan akan menghabiskan dana sebesar 4000 Triliyun. Pada malam itu dia juga memuji kepemimpinan Gubernur Pastika yang mampu membangkitkan pariwisata Bali pasca Bom Bali II tahun 2005, sesuai arahannya di Istana Tampaksiring, dan akhirnya Bali mampu menjadi tuan rumah berbagai event internasional. Pada kesempatan itu SBY menyampaikan harapannya agar terus bisa berkarya untuk Bali terutama Tampaksiring di sisa masa baktinya yang tinggal enam bulan lagi dan berharap penerusnya mampu meneruskan pembangunan di Indonesia khususnya di Bali. “Dan saya tetap berharap Bali bisa menjadi protokol dunia dan tetap menjadi tempat berlangsungnya event dunia,” pungkasnya.

Sementara itu ketua panitia I Nyoman Gede Angga Warsa, mengatakan bahwa selama ini masyarakat Tampaksiring sangat mencinta presidennya dan berterima kasih atas apa yang diperbuat selama ini untuk Bali khususnya Tampaksiring. Menurutnya, pembangunan di desa ini berjalan dengan baik secara swadaya dari masyarakat melalui LPD, bantuan pemkab Gianyar, pemprov dan bantuan dari pusat. Atas nama masyarakat, dia juga mengucapkan terima kasih atas bantuan Presiden selama ini dan berdoa agar Susilo Bambang Yudhoyono bisa menyelesaikan masa baktinya dengan baik. “Dengan penobatan ini, maka secara resmi Bapak Yudhoyono beserta Ibu Ani menjdi warga kehormatan Tampaksiring dan sudah menjadi bagian dari masyarakat desa pakraman Tampaksiring,” katanya.

Penganugerahan simbolis itu dengan penyerahan pin oleh Bendesa Adat Tampaksiring, I Ketut Runtun, setelah pembacaan piagam penobatan SBY sebagai semeton tamiu utama. Mendapatkan pin semeton tamiu utama tersebut, SBY mengajak ibu Ani untuk menjalankan kewajibannya sebagai warga Tampaksiring. Pada akhir acara yang berlangsung meriah itu, SBY beserta Ny Ani berkesempatan untuk meninjau Utamaning Mandala Pura Puseh Balai Agung yang didampingi oleh Gubernur Bali beserta Ny Ayu Pastika.

Baca juga:

Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya di Tanah Air. Ini Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya di Tanah Air. Info Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya di Tanah Air. Ada Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya di Tanah Air. Jadi Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya di Tanah Air. Maka Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya di Tanah Air. Bisa Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya di Tanah Air.

Dapat Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya di Tanah Air. Oleh Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya di Tanah Air. Nah, Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya di Tanah Air. Ini Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya di Tanah Air. Info Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya di Tanah Air. Jadi Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya di Tanah Air. Ini Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya di Tanah Air.

Itu Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya di Tanah Air. So, Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya di Tanah Air. Jadi Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya. Benar Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya . Ini Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya. Info Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya. Ini Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya. Itu Presiden SBY dengan Berbagai Prestasinya. Jadi Presiden SBY dengan Berbagai. Apa Presiden SBY dengan Berbagai. Ini Presiden SBY dengan Berbagai. Info Presiden SBY dengan Berbagai. Ini Presiden SBY dengan Berbagai.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama