Profil Agil Nuruz Zaman Ketua Umum PP IPNU Periode 2022-2025

Profil Agil Nuruz Zaman Ketua Umum PP IPNU Periode 2022-2025
Ketua Umum PP IPNU Periode 2022-2025 Muhammad Agil Nuruz Zaman

MEDIA IPNU - Muhammad Agil Nuruz Zaman baru saja ditetapkan sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) masa khidmah 2022-2025 hasil Kongres XX IPNU di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Selasa (16/08/2022). Artikel ini akan menjelaskan profil Agil Nuruz Zaman sebagai Ketua Umum Terpilih PP IPNU.

DOWNLOAD FOTO KETUM PP IPNU DI SINI

Sebelumnya, ketika putaran pertama Pemilihan Ketua Umum PP IPNU, Agil mendapatkan 137 suara. Ia unggul atas lima calon ketua umum lainnya yakni Agus Suherman Tanjung (90), Husni Mubarak (0), Muhammad Ishomuddin Haidar (0), Sulkifli Azis (98), dan Aufar Hadi (60). 

Kemudian di putaran kedua yang diikuti tiga kandidat dengan suara tertinggi di putaran pertama, Agil memperoleh suara sebanyak 306. Perolehan tersebut mengungguli calon ketua umum lainnya, yakni Sulkifli Azis yang memperoleh 76 suara dan Agus Suherman Tanjung dengan 0 suara. 

Diketahui, Kongres XX IPNU yang mengusung tema 'Akselerasi Pelajar untuk Indonesia Maju' ini diikuti 24 pimpinan wilayah dan 361 pimpinan cabang IPNU se-Indonesia. Masing-masing Pimpinan Wilayah dan Pimpinan Cabang mengutus dua orang perwakilannya untuk menjadi peserta dalam permusyawaratan yang dihelat tiga tahunan itu. Dengan demikian, total suara dalam pemilihan ketua umum IPNU sebanyak 385.

PROFIL AGIL NURUZ ZAMAN

Profil Agil Nuruz Zaman Ketua Umum PP IPNU Periode 2022-2025
Ketua Umum PP IPNU Periode 2022-2025 Muhammad Agil Nuruz Zaman

Agil adalah pria kelahiran Demak, Jawa Tengah pada 26 Mei 1996. Ia merupakan kader IPNU yang memulai pengabdiannya di organisasi pelajar NU dari tingkat bawah, yaitu Pimpinan Ranting (PR). Kala itu, ia pernah mendapat amanah sebagai Ketua PR IPNU Bogorame masa khidmat 2010-2012. Profil Agil Nuruz Zaman

Kemudian, Agil menjabat sebagai Komandan Dewan Koordinasi Cabang (DKC) Corps Brigade Pembangunan (CBP) Kabupaten Demak 2012-2014. Masa khidmah berikutnya, ia diamanahi Sekretaris Pimpinan Cabang (PC) IPNU Demak 2015-2017.

Profil Agil Nuruz Zaman tidak hanya sampai di situ. Pada masa berikutnya Agil juga terpilih sebagai Ketua PC IPNU Demak 2017-2019. Setelah menuntaskan pengabdiannya di tingkat Pimpinan Cabang, Agil diangkat sebagai Wakil Ketua Pimpinan Wilayah (PW) IPNU Jawa Tengah tahun 2019-2022. 

Di luar IPNU, ia juga menjadi pemimpin siswa di sekolahnya. Ia terpilih Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Mijen 2009-2010 dan Ketua OSIS Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Demak 2012-2013. Di kampusnya, ia diamanahi sebagai Sekretaris Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Syariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus 2015-2016.

Agil juga tercatat aktif sebagai Wakil Ketua Rayon Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Syariah dan Hukum IAIN Kudus tahun 2016. Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Demak 2019-2022.

VISI-MISI NAHKODA BARU PP IPNU

Agil membawa visi IPNU inklusif, produktif, dan prestatif. Hal itu sebagai sebuah manifestasi slogan IPNU yakni back to school dan back up to school.

Dirinya akan mengembangkan fokus kegiatan di grassroots  dan memperkuat komisariat-komisariat di sekolah yang menjadi suplai kaderisasi IPNU di masa mendatang.an

Dalam mewujudkan visi tersebut, kader IPNU Jateng itu telah menyiapkan enam misi. Misi pertama Agil Nuruz Zaman, melakukan penguatan ideologi Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) An-Nahdliyah di semua tingkatan organisasi, khususnya di akar rumput. Agil menganggap bahwa ideologisasi komisariat itu sangat penting, khususnya di sekolah-sekolah umum negeri. 

Misi kedua, mengembangkan IPNU sebagai organisasi yang modern dengan berbasis riset dan digitalisasi, serta mendayagunakan potensi kader dan anggota secara maksimal.

Ketiga, ia ingin IPNU ke depan dapat melakukan kaderisasi menyeluruh, merata, sesuai jenjang masing-masing untuk meningkatkan kualitas kader.

Keempat, optimalisasi peran Pimpinan Komisariat sebagai tahap kaderisasi awal anggota dengan menyiapkan skema kaderisasi berjenjang khusus Pimpinan Komisariat. Agil merasa hal ini menjadi sangat penting karena IPNU harus hadir di sekolah-sekolah dan madrasah sebagai komisariat. 

Misi kelima dari Agil Nuruz Zaman ialah penegasan kembali Corps Brigade Pembangunan (CBP) sebagai gerakan kepanduan. Kemudian yang keenam, penguatan peran IPNU dalam upaya konseling dan advokasi pelajar.(sd)

Temukan pula artikel menarik Media IPNU di Google News

Baca juga:

Berikut Profil Agil Nuruz Zaman. Profil Agil Nuruz Zaman ada di atas. Kemudian Profil Agil Nuruz Zaman silahkan dibaca. Demikian Profil Agil Nuruz Zaman. Profil Agil Nuruz Zaman.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama