Kisah Peserta Kongres IPPNU, Mutia Tempuh 7 Hari Perjalanan

Kisah Peserta Kongres IPPNU, Mutia Tempuh 7 Hari Perjalanan

Ketua PC IPPNU Kota Sorong, Papua Barat, Mutia Amanah (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza)

MEDIA IPNU - Kongres ke-20 Ikatan Pelajar Putri Nahdhatul Ulama (IPPNU) telah berlangsung di Asrama Pondok Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, sejak Jumat (12/08/2022) lalu. Kisah peserta Kongres IPPNU guna menyukseskan helatan ini, tak sedikit peserta yang menempuh perjalanan selama berhari-hari, salah satunya adalah Mutia Amanah.

Mutia Amanah adalah Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPPNU Kabupaten Sorong, Papua Barat. Mutia mengaku berangkat dari Papua bersama rombongannya yang berjumlah 11 orang.

“Perjalanan dari Kabupaten Sorong hingga Jakarta Timur menempuh perjalan selama sepekan atau 7 hari. Saya berangkat sejak tanggal 5 Agustus 2022 lalu, dan tiba Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Kamis (11/08/2022),” ujar Mutia Amanah dikutip dari NU Online Jatim (Ahad, 14/08/2022).

Mengenai kisah peserta Kongres IPPNU, Mutia menceritakan, pada Sabtu (06/08/2022) bahwa ia bersama rombongan mulai naik kapal menuju Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Untuk sampai ke Pelabuhan Tanjung Perak, ia mesti terlebih dahulu transit di empat Pelabuhan yang berbeda.

Setelah sampai di Pelabuhan Tanjung Perak, pihaknya dijemput oleh tim akomodasi yang difasilitasi oleh PWNU Jawa timur. Kemudian, diantarkan menuju Stasiun Pasar Turi Surabaya untuk menuju Stasiun Pasar Senen Jakarta.

“Alhamdulillah, selama perjalanan 12 jam di kereta api dari Surabaya, kami sampai pukul 01.00 WIB dini hari di Jakarta pada Jum'at (12/08/2022),” jelas Mutia Amanah.

Ia menyampaikan, salah satu motivasi terbesar menghadiri Kongres adalah karena ini merupakan momen yang sangat luar biasa. Perihal kisah lika-liku peserta Kongres IPPNU, ia mengaku menjadi kebanggan tersendiri jika turut andil dalam momen permusyawaratan tertinggi organisasi pelajar NU tersebut.

“Kesan dalam perjalanan ini sangat menyenangkan. Banyak sekali momen dan pengalaman yang didapat di sini. Dari saling berbagi dan saling menjaga antar teman, serta hal-hal lainnya,” pungkasnya.

Kisah peserta Kongres XIX IPPNU ini adalah salah satu potret dari sekian banyak perjuangan kader dalam menempuh perjuangan menuju arena Kongres. Besar harapannya, kongres bisa berjalan dengan lancar, sehingga menghasilkan keputusan-keputusan yang tepat dan berkualitas untuk keberlangsungan organisasi.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pengarah Kongres XIX IPPNU Nurul Hidayati menjelaskan bahwa kongres kali ini akan diikuti oleh 964 peserta dari seluruh Indonesia. “Jumlah keseluruhan peserta 964,” kata salah satu ketua PP IPPNU itu, Selasa (9/8/2022).

Mereka, lanjutnya, merupakan perwakilan dari 27 Pimpinan Wilayah (PW) IPPNU dan 319 Pimpinan Cabang (PC) IPPNU dari seluruh Indonesia. “Keseluruhan peserta kongres perwakilan dari 27 PW dan 319 PC,” terangnya.(sd)

Temukan pula artikel menarik Media IPNU di Google News

Baca juga:

Mutia Amanah IPPNU Papua Barat. Ketua IPPNU Mutia Amana. Kader IPPNU Mutia Amanah. Kisah Mutia Amanah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama