IPPNU IPPNU Tuban Segera Konfercab, Kader Ikuti Pelatihan TOL

IPPNU IPPNU Tuban Segera Konfercab, Kader Ikuti Pelatihan TOL
Training of Lead Kabupaten Tuban

MEDIA IPNU - IPPNU IPPNU Tuban Segera Konfercab, Kader Ikuti Pelatihan TOL. Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) bersama Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Tuban menggelar Training of Leader (TOL) di Aula PCNU setempat, Senin (19/9/2022).

Pelaksanaan TOL ini, adalah salah satu langkah pemantapan kader IPNU dan IPPNU sebelum melaksanakan Konferensi Cabang XXV (Konfercab) pada Oktober mendatang.

"Dalam kegiatan TOL kali ini diikuti sebanyak 23 peserta dari PAC IPNU IPPNU se-Kabupaten Tuban," jelas Ketua PC IPNU Tuban, Taufiqur Rohman.

Ia mengatakan, pelaksanaan TOL ini merupakan rangkaian acara yang kedua setelah Rapat Pimpinan Cabang (Rapimcab) yang dilaksanakan pada Agustus lalu.

"Kita kita sama-sama menyemarakkan agenda Konfercab XXV nanti dengan berbagai kegiatan seperti TOL ini," ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan TOL tersebut difokuskan untuk membentuk kader IPNU IPPNU menjadi seorang pemimpin di masa yang akan datang. Sehingga, nantinya ketika menjadi seorang pemimpin sudah memiliki bekal dan tinggal mengaplikasikannya.

"Dari kegiatan TOL ini, nantinya bisa mencetak kader yang mampu menjadi seorang pemimpin pada organisasi IPNU IPPNU pada periode selanjutnya," tambahnya.

Tak hanya itu, masih ada tiga agenda lain, seperti perlombaan yang dilaksanakan secara online sebagai langkah syiar organisasi. Antara lain, MSQ, IPNU IPPNU Challenge dan Lomba Tari Tradisional Miyang yang merupakan tari tradisional dari Bumi Ronggolawe tersebut.

"Kita mencoba melakukan syiar organisasi IPNU IPPNU melalui media sosial, dengan mengadakan beberapa perlombaan," tutupnya.

IPPNU IPPNU Tuban Segera Konfercab, Kader Ikuti Pelatihan TOL
Training Of Lead

Sementara itu, perwakilan PCNU Jamal Ghofir mengatakan, organisasi IPNU IPPNU membawahi seluruh kader NU sampai tingkat ranting. Maka dari itu, dalam proses kaderisasi harus ditanamkan materi tentang kepemimpinan.

"Kita perlu mencetak seorang pemimpin untuk generasi yang akan datang, jadi pengkaderan ini perlu dilakukan secara mendalam dan mengakar," tuturnya.

Ia juga berharap, adanya kegiatan seperti ini, kader IPNU IPPNU dapat melakukan kolaborasi bersama organisasi lain, supaya pola kerja organisasi lebih bisa berkembang.

"Harapan saya, dalam berorganisasi nantinya bisa berkolaborasi dengan organisasi yang lain dalam melakukan berbagai kegiatan," harapnya.

Sebagai informasi, pelatihan TOL tersebut adalah termasuk dalam kategori pelatihan non formal dalam organisasi IPNU IPPNU. Pelatihan seperti ini bisa digelar oleh kepengurusan IPNU IPPNU di setiap tingkatan. 

Sedangkan Konfercab, adalah forum permusyawaratan tertinggi IPNU IPPNU di tingkat kepengurusan Kabupaten/kota. Forum tersebut akan menjadi forum yang mengevaluasi kepengurusan yang telah berjalan, dan menetapkan rekomendasi untuk kepengurusan berikutnya. Selain itu, Konfercab juga akan menentukan Ketua PC IPNU IPPNU untuk periode selanjutnya.(af)

Baca juga:

IPPNU IPPNU Tuban Segera Konfercab Kader Ikuti Pelatihan TOL. Ini IPPNU IPPNU Tuban Segera Konfercab Kader Ikuti Pelatihan TOL. Info IPPNU IPPNU Tuban Segera Konfercab Kader. Tentang IPPNU IPPNU Tuban Segera Konfercab.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama