Mars IPNU IPPNU Lirik Lengkap dan Maknanya

Mars IPNU IPPNU Lirik Lengkap dan Maknanya
Kader IPPNU

MEDIA IPNU – Mars IPNU IPPNU Lirik Lengkap dan Maknanya. Mars IPNU IPPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama – Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) adalah salah satu hal yang wajib dihapalkan oleh seluruh kader IPNU IPPNU. Sebab, setiap kegiatan formal IPNU-IPPNU selalu menyanyikan lagu tersebut.

Namun, ada hal yang lebih penting, kenapa setiap kader harus menghapal mars IPNU IPPNU? Yaitu, dalam mars tersebut akan mengingatkan lagi semangat ber-IPNU IPPNU. Setiap menyanyikan mars organisasi, secara tidak langsung, sadar atau tidak, otak kader akan membuat folder khusus yang memorable. Kelak, setiap kader (atau ketika menjadi alumni) mendengar atau menyanyikan lagi lagu tersebut, maka otak akan me-recalling masa-masa perjuangnya dalam organisasi IPNU-IPPNU.

Baiklah. Berikut ini mars IPNU IPPNU selengkapnya.

Mars IPNU

Wahai pelajar Indonesia

Siapkanlah barisanmu

Bertekad bulat bersatu

Di bawah kibaran panji IPNU

Wahai pelajar islam yang setia

Kembangkanlah agamamu

Dalam Negara Indonesia

Tanah air yang ku cinta

Dengan berpedoman kita belajar

Berjuang serta bertakwa

Kita bina watak nusa dan bangsa

Tuk kejayaan masa depan

Bersatu wahai pelajar islam jaya

Tunaikanlah kewajiban yang mulya

Ayo maju pantang mundur

Dengan rahmat Tuhan kita perjuangkan

Ayo maju pantang mundur

Pasti tercapai adil makmur

 

Mars IPNU

Sirnalah gelap terbitlah terang

Mentari timur sudah bercahya

Ayunkan langkah pukul genderang

Segala rintangan mundur semua

Tiada laut sedalam iman

Tiada gunung setinggi cita

Sujud kepala kepada Tuhan

Tegak kepala lawan derita

Di malam yang sepi di pagi yang terang

Hatiku teguh bagimu ikatan

Di malam yang hening di hati membakar

Hatiku penuh bagimu pertiwi

Mekar seribu bunga di taman

Mekar cintaku pada ikatan

Ilmu kucari amal kuberi

Untuk agama bangsa dan negeri

 

Mars IPNU IPPNU Lirik Lengkap dan Maknanya
Logo Media IPNU

Makna dalam Mars IPNU

Wahai pelajar Indonesia, siapkanlah barisanmu. Bertekad bulat bersatu di bawah kibaran panji IPNU. Lirik pertama ini mengajak seluruh pelajar Indonesia, khususnya para putra-putra warga Nahdlatul Ulama, untuk bersatu bergabung bersama organisasi IPNU. Organisasi ini terbuka untuk siapa pun yang ingin bergabung. Organisasi ini didirikan bukan untuk dimiliki oleh segelintir orang, namun untuk semua pelajar Nahdliyin.

Kemudian, lirik selanjutnya. Wahai pelajar Islam yang setia, kembangkanlah agamamu. Dalam Negara Indonesia, Tanah air yang ku cinta. Bait ini menjadi bait yang kembali menegaskan untuk memanggil para pelajar, khususnya pelajar Islam yang memang ingin mengabdi terhadap agama, nusa, dan bangsa. Para pelajar bisa bergabung dengan IPNU untuk belajar dan berjuang bersama, mengembangkan agama di tanah air tercinta: Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan berpedoman kita belajar, berjuang, serta bertakwa. Kita bina watak nusa dan bangsa tuk kejayaan masa depan. Lirik ini dengan jelas menegaskan bahwa pedoman kader IPNU adalah belajar, berjuang, bertakwa. Tiga hal tersebut yang menjadi spirit setiap gerak langkah kader dalam berproses di organisasi. Kader IPNU senantiasa belajar menata organisasi, belajar benyak hal dalam organisasi, dan belajar banyak hal untuk melakukan pembinaan karakter pelajar di negeri ini.

Selain itu, lirik tersebut menjelaskan bahwa kader harus siap berjuang di organisasi. Secara sadar, kader harus paham bahwa organisasi adalah benda absurt yang mati. Organisasi bukan makhluk hidup dan organisasi tidak bisa bergerak sendiri. Maka, konsekuensinya, seluruh kader harus siap berjuang untuk menjalankan roda organisasi, melaksanakan tugas-tugas organisasi, dan melakukan kerja-kerja organisasi. Berat bukan? Memang berat, sebab itulah yang disebut dengan perjuangan.

Kemudian, dalam berjuang, kader juga harus memegang teguh rasa takwa kepada Allah SWT. Bertakwa adalah pedoman terpenting setiap kader IPNU di tanah air. Jangan sampai kader IPNU ada yang malah terjerumus dalam lingkaran setan, apa lagi malah mengajak ke jalan kemaksiatan. Haram hukumnya bagi kader IPNU (dan untuk seluruh umat muslim) jika malah mengajak ke hal-hal yang dilarang oleh Tuhan.

Bersatu wahai pelajar Islam jaya, tunaikanlah kewajiban yang mulya. Ayo maju pantang mundur, dengan rahmat Tuhan kita perjuangkan. Ayo maju pantang mundur, pasti tercapai adil makmur. Lirik ini menegaskan bahwa IPNU berdiri untuk tugas yang mulia. Keberadaan IPNU tidak lain dan tidak bukan ialah untuk turut andil mencapai cita-cita kemerdekaan, yakni perpenuhinya rasa adil dan makmur untuk seluruh warga Indonesia.

Makna dalam Mars IPPNU

Sirnalah gelap terbitlah terang, mentari timur sudah bercahya. Ayunkan langkah pukul genderang, segala rintangan mundur semua. Tiada laut sedalam iman, Tiada gunung setinggi cita. Sujud kepala kepada Tuhan, Tegak kepala lawan derita.

Bait di atas menegaskan tentang semangat feminisme yang dibawa oleh RA Kartini. Sebagaimana diketahui, Kartini menulis surat yang kemudian dibukukan dan diberi judul: Habis gelap, terbitlah terang. Mengenai hal tersebut, IPPNU sebagai organisasi pelajar putri NU, mengajak seluruh pelajar putri agar siap membuka cakrawala, mengayunkan langkah-langkah menuju cahaya kemerdekaan.

Di malam yang sepi di pagi yang terang, hatiku teguh bagimu ikatan. Di malam yang hening di hati membakar, hatiku penuh bagimu pertiwi. Ini menjelaskan bahwa kader IPPNU senantiasa terikat pada semangat dalam satu ikatan. Kader IPPNU dalam berproses di organisasi juga selalu sepenuh hati berorientasi untuk berjuang demi ibu pertiwi.

Mekar seribu bunga di taman, mekar cintaku pada ikatan. Ilmu kucari amal kuberi, untuk agama bangsa dan negeri. Lirik ini akan menegaskan rasa kepemilikan terhadap organisasi (Sense of Belonging). Jika rasa kepemilikan terhadap organisasi ini telah hadir dalam hati setiap kader, maka sampai kapan pun, mereka akan selalu terikat untuk mensupport kemajuan organisasi.(red)

Baca juga:

Mars IPNU IPPNU Lirik Lengkap dan Maknanya. Ini Mars IPNU IPPNU Lirik Lengkap dan Maknanya. Info Mars IPNU IPPNU Lirik Lengkap dan Maknanya. Tentang Mars IPNU IPPNU Lirik Lengkap dan Maknanya. Jika Mars IPNU IPPNU Lirik Lengkap dan Maknanya. Maka Mars IPNU IPPNU Lirik Lengkap dan Maknanya. Jadi Mars IPNU IPPNU Lirik Lengkap dan Maknanya. Misal, Mars IPNU IPPNU Lirik Lengkap dan Maknanya. Ini Mars IPNU IPPNU Lirik Lengkap dan Maknanya. Tentang Mars IPNU IPPNU Lirik Lengkap dan Maknanya. Jika Mars IPNU IPPNU Lirik. Mars IPNU IPPNU Lirik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama