Siakad Undana - Universitas Nusa Cendana Kupang NTT

Siakad Undana - Universitas Nusa Cendana Kupang NTT
Universitas Nusa Cendana NTT

MEDIA IPNU - Siakad Undana - Universitas Nusa Cendana Kupang NTT. Universitas Nusa Cendana, disingkat UNDANA, adalah universitas negeri pertama di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berdiri pada tanggal 1 September 1962. 

Sistem Informasi Akademik (Siakad) adalah sistem yang menangkap, menyimpan, mengelola dan menyediakan alat untuk memproses data yang terkait dengan Universitas.

Siakad memastikan bahwa data konsisten, akurat dan tersedia untuk digunakan oleh semua pihak di dalam Undana. Hal ini memungkinkan berfungsinya Universitas secara efisien melalui otomatisasi berbagai proses seperti pendaftaran mahasiswa, penilaian dan produksi transkrip, penerimaan mahasiswa baru, pemeliharaan pembuatan laporan catatan mahasiswa, dll.

Bagian: Merupakan sistem yang menangkap, menyimpan, mengelola dan menyediakan alat untuk memproses data yang berhubungan dengan Universitas.

Siakad Undana merupakan bagian integral dari Universitas. Siakad mengumpulkan dan memproses data yang terkait dengan program akademik dan keberhasilan mahasiswa. Siakad menggunakan berbagai sistem untuk menangkap, menyimpan, mengelola, dan menyediakan alat untuk memproses berbagai jenis informasi yang berasal dari berbagai sumber di dalam komunitas Universitas termasuk:

  • Catatan mahasiswa (tahun akademik)
  • Penghargaan/pencairan bantuan keuangan (tahun akademik)
  • Pertanyaan pendaftaran mata kuliah (semester)

Siakad juga menyediakan akses melalui antarmuka berbasis web atau aplikasi yang aman jika diperlukan sehingga anggota fakultas dapat dengan mudah melihat catatan mahasiswa mereka sendiri atau melacak penghargaan bantuan keuangan yang dibuat atas nama mahasiswa yang terdaftar setidaknya setengah waktu dalam program yang memenuhi syarat di kampus Universitas Nusa Cendana.

Siakad Undana - Universitas Nusa Cendana Kupang NTT
Gedung Rektorat Universitas Nusa Cendana

Bagian: Siakad memastikan bahwa data konsisten, akurat, dan tersedia untuk digunakan oleh semua pihak di dalam Undana.

Sistem Informasi Akademik memastikan bahwa data konsisten, akurat dan tersedia untuk digunakan oleh semua pihak di Undana.

Siakad bertanggung jawab untuk memastikan bahwa sistem, proses, dan prosedur Universitas sepenuhnya kompatibel dengan standar internasional untuk memastikan tingkat akurasi tertinggi dalam semua transaksi.

Bagian: Ini memungkinkan berfungsinya Universitas secara efisien melalui otomatisasi berbagai proses seperti pendaftaran mahasiswa, penilaian dan produksi transkrip, penerimaan mahasiswa baru, pemeliharaan catatan mahasiswa, pembuatan laporan, dll.

Siakad Undana - Universitas Nusa Cendana Kupang NTT
Logo Undana

Sistem ini memungkinkan berfungsinya Universitas secara efisien melalui otomatisasi berbagai proses seperti pendaftaran mahasiswa, penilaian dan pembuatan transkrip, penerimaan mahasiswa baru, pemeliharaan catatan mahasiswa, pembuatan laporan.

Sistem ini dirancang untuk menyediakan antarmuka satu jendela untuk semua pengguna untuk mengurangi kebingungan yang terkait dengan berbagai platform dan sistem yang digunakan oleh berbagai departemen / unit di dalam Universitas.

Sistem ini juga menyediakan platform terintegrasi dengan database terintegrasi yang berisi informasi catatan akademik (misalnya, transkrip akademik) di antara hal-hal lain seperti catatan keuangan dan lain-lain; ini memudahkan karyawan di berbagai tingkatan dalam institusi untuk mengakses data masing-masing dengan mudah tanpa mengalami kesulitan memahami bagaimana semuanya bekerja bersama.

Jika diterapkan sepenuhnya, Sistem Informasi Akademik akan meningkatkan pengelolaan sumber daya yang lebih baik di Universitas.

Kunjungi juga: Pustaka Guru Indonesia

Sistem Informasi Akademik akan membantu mengidentifikasi kesenjangan dalam sistem dan peluang untuk perbaikan. Informasi yang dikumpulkan akan digunakan untuk menginformasikan keputusan tentang di mana sumber daya tambahan diperlukan, termasuk:

  • Di mana ada area tumpang tindih atau duplikasi layanan antara lembaga yang berbeda (misalnya, layanan dukungan mahasiswa)
  • Di mana ada peluang untuk menyediakan layanan baru (misalnya, pembuatan katalog mata kuliah online)

Conclusion

Sistem Informasi Akademik dapat menjadi alat yang ampuh bagi kampus. Manfaat dari sistem ini akan dirasakan oleh staf, mahasiswa dan pemangku kepentingan lainnya di semua area universitas. Sistem ini akan meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya sekaligus memungkinkan pengelolaan sumber daya yang lebih baik.

Rektor Undana

  1. Mohamad Salim,SH (1962-1967),
  2. Letkol Elias Tari lebih tenar dengan panggilan El Tari (1967-1968)
  3. Prof. Mr.Soetan Mohamad Sjah (1968-1976),
  4. Drs. Urias Bait (1976-1977),
  5. Prof. Frans E. Likadja, SH. (1978-1987),
  6. Prof. Dr. Mozes R.Toelihere, M.Sc. (1988-1996),
  7. Prof. Dr. August Benu, MS. (1996-2005),
  8. Prof. Ir. Frans Umbu Datta, M.App.Sc, Ph.D. (2005-2013) dan
  9. Prof. Ir. Fredrik Lukas Benu, M.Si, Ph.D. (2013-2017) dan (2017-2021)
  10. Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc. (2021-2025)

Baca juga:

Siakad Undana - Universitas Nusa Cendana Kupang NTT. Ini Siakad Undana - Universitas Nusa Cendana Kupang NTT. Info Siakad Undana - Universitas Nusa Cendana Kupang NTT. Jika Siakad Undana - Universitas Nusa Cendana Kupang NTT. Maka Siakad Undana - Universitas Nusa Cendana. Jadi Siakad Undana - Universitas Nusa Cendana. Misal Siakad Undana - Universitas Nusa. Siakad Undana - Universitas.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama