TOR Lomba Esai Santri Nasional IPNU Jatim Spesial HSN 2022

TOR Lomba Esai Santri Nasional IPNU Jatim Spesial HSN 2022
Term Of Reference SANDALAN

MEDIA IPNU - Term Of Reference (TOR) Lomba Esai Santri Nasional oleh Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jatim spesial Hari Santri Nasional (HSN) 2022.

Ketua PW IPNU JATIM, Fakhrul Irfansyah menjelaskan peranan dan gagasan penting Kalangan Santri melalui Literasi perlu senantiasa dirawat sebagai Solusi alternatif dari berbagai isu aktual di masyarakat.

DOWNLOAD TOR SANDALAN DI SINI

“Kami melihat potensi besar para santri di Nusantara ini yang perlu di apresiasi dan diwadahi dengan serius. Kita sepakat Literasi ini abadi, Tidak cukup Gagasan cemerlang santri ini hanya berhenti di meja diskusi. Literasi harus menjadi perantara ide ide segar Santri dengan masyakarat,” kata Irfan dalam rilisnya.

Menurutnya, melalui lomba Essay Santri Tingkat Nasional ini dengan tujuan untuk menjaring para penulis terbaik nantinya akan dibukukan bersama para masyaikh san tokoh lain.

“Hal ini tentu menjadi angin segar terhadap isu-isu yang berkembang di masyarakat terlebih sorotan terhadap pesantren belakangan ini,” tegasnya.

Sementara itu, berdasarkan Penjelasan Panitia Pelaksana, kegiatan ini terbuka untuk umum tingkat Nasional melalui beberapa tahapan seleksi.

“Kegiatan ini dibuka untuk umum dari berbagai wilayah di Indonesia, panitia akan memilih 22 naskah Terbaik untuk selanjutnya mengikuti Lailatul Qolam untuk di Diklat mempertajam kemampuan literasi para nominator yang didampingi langsung oleh beberapa penulis ternama,” kata Zaynollah.

Program Bertajuk SANDALAN (Santri Dalam Tulisan, red) merupakan apresiasi terhadap para santri penulis, sehingga diharapakan bisa menggerakkan kembali literasi di lingkungan Pesantren.

Selain itu, hadiah bernilai Total Jutaan Rupiah ini diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para finalis. “Kami juga akan membentuk Forum Santri Penulis Nahdliyyin sebagai bentuk komitmen dan pendampingan jangka panjang kedepannya dari para Finalis yang ada,” kata mantan ketua IPNU Sumenep ini

Untuk diketahui, event ini gratis. Setiap calon peserta dapat mengakses informasi ini lengkap melalui sosial media @pwipnujatim atau kontak person 0819-9897-0846 untuk mengunduh ToR. Kegiatan yang sudah dibuka sejak 07 September sampai 22 Oktober. Sedangkan Penyerahan Hadiah dilakukan pada tanggal 29 Oktober bertepatan dengan Puncak HSN 2022 PWNU Jawa Timur di Surabaya.

Sub Tema SANDALAN:

1). Isu aktual; Pesantren sebagai Lingkungan Pendidikan Karakter Ramah Anak. Fenomena yang belakangan menjadi sorotan dengan terjadinya  dugaan kekekrasan dan pelecehan seksual di lingkungan Pesantren.

2). Kemandirian Ekonomi; Santripreneur arah baru masa depan membangun kemandirian ekonomi lingkungan pesantren sebagai economic market opportunities dan grand besar lahirnya santri dalam dunia entrerpreneur

3). Potensi Prestasi dan Apresiasi; SANTRI, BISA APA? Potensi Prestasi dan Apresiasi; menggali potensi besar santri dari berbagai sektor yang selama ini belum terkuak ke permukaan. Selain itu Apresiasi bagi Prestasi para santri sebagai Inspirasi.

4). Isu lingkungan; Ecogreen Pesantren. Pembangunan Hijau juga merupakan isu strategis jangka panjang yang dapat diwujudkan oleh dan di Pesantren menyambut krisis iklim Global.

5). Technology-digital; Santri Metaverse. Kemajuan peradaban di era digitech menjadi bagian dari bluprient kaum sarungan, antara ancaman dan peluang keduanya ditakar dengan kesiapan.

6). Politik; Arah Baru Politik Sarungan . Menjawab dan mewarnai kembali arah politik sandal jepit, baik secara langsung maupun sikap paling bijak yang diambil.

7). Kebangsaan; Nasionalisme di Mata Peci. Memancangkan kembali nilai kesejarahan dan perjuangan kalangan santri serta komitmen dalam kebangsaan kalangan pesantren.

8). Kebudayaan dan Tradisi; Sarung, Peci dan Sandal Jepit. Merawat nilai dan eksistensi Santri dalam kebudayaan dan ajaran ditengah tantangan peradaban dalam genggaman.

9). Inspirasi kyai; Dakwah Kyai Kampung. Begitu banyak perjalanan Kyai di berbagai Pelosok yang dapat dijadikan Inspirasi.

10). Style and Trend; PesanTrend. Menjadikan pesantren sebagai life style and Contemporary Object sekaligus mengubur pandangan buruk pesantren yang terbelakang dan sulit berkembang.

11). Dagelan; Santri HAHAHIHI. Terdapat begitu banyak cerita dan pengalaman kaum saruangan yang dapat mengibur kala diceritakan kembali pada generasi.

TOR Lomba Esai Santri Nasional IPNU Jatim Spesial HSN 2022. Ini TOR Lomba Esai Santri Nasional IPNU Jatim Spesial HSN 2022. Info TOR Lomba Esai Santri Nasional IPNU Jatim Spesial HSN 2022. Tentang TOR Lomba Esai Santri Nasional IPNU Jatim Spesial HSN 2022. Jika TOR Lomba Esai Santri Nasional IPNU Jatim. Maka, TOR Lomba Esai Santri Nasional. Jadi, TOR Lomba Esai Santri Nasional. Ini TOR Lomba Esai Santri. Info TOR Lomba Esai. Tentang TOR Lomba Esai. TOR Lomba. Jika TOR Lomba. TOR Lomba.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama