PC IPNU IPPNU Kota Probolinggo Tingkatkan SDM Kader Melalui Lakmud

PC IPNU IPPNU Kota Probolinggo Tingkatkan SDM Kader Melalui Lakmud
PC IPNU IPPNU Kota Probolinggo Tingkatkan SDM Kader Melalui Lakmud

MEDIA IPNU - Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Probolinggo mengadakan Latihan Kader Muda (Lakmud) di MTs Nusantara Wonoasih, Kota Probolinggo pada Kamis-Ahad (30/06-03/07/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) kader.

Ketua PC IPNU Kota Probolinggo, Muhammad Rizal Ali mengatakan bahwa tujuan diadakannya Lakmud ini adalah untuk melahirkan kader militan dan dapat mengnerapkan nilai-nilai ideologis keaswajaan serta mengembangkan skill kepemimpinan dan keorganisasian.

“Sehingga nantinya pasca Lakmud mereka bisa menerapkan ilmunya kepada anggota yang lain dan bisa diterapkan di masyarakat,” ucapnya, Kamis (30/06/2022).

Bagi Rizal, sapaan akrabnya, hal itu cukup beralasan karena Lakmud ini sudah menjadi kebutuhan kader IPNU IPPNU, khususnya di Kota Probolinggo. “Dan, perlu diketahui juga pengkaderan di tingkat bawah sudah mulai massif, seperti mengadakan Makesta (Masa Kesetiaan Anggota) dan lainnya,” ujarnya.

Hal senada pun dikatakan oleh Ketua PC IPPNU Kota Probolinggo, Winda Badiatul Jamila. Ia mengatakan beberapa hal yang harus dimiliki oleh para kader IPNU IPPNU. Hal tersebut adalah selayaknya para kader terus melakukan penguatan ideologi, serta menumbuhkan spirit sosial keagamaan dan kebangsaan.

“Selain itu, juga melakukan penguatan skill keorganisasiaan dan terakhir penanaman spirit literisasi digital,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, dengan dilaksanakannya Latihan Kader Muda tersebut dirinya berharap agar indikator ketercapaain pelatihan untuk individu dan kolektif dapat tercapai sesuai target yang diinginkan.

“Targetnya yaitu menjadi pelajar NU yang dinamis dan berwawasan integral, serta mampu menjadi sebuah kelompok yang saling mendukung untuk mencapai tujuan mabadi khoiru ummah,” jelasnya.

Ia menyampaikan bahwa Lakmud tersebut diikuti oleh 21 peserta. Rinciannya, sebanyak 17 peserta internal yang terdiri dari pengurus atau kader IPNU IPPNU Kota Probolinggo. Mulai dari kader di tingkatan Pimpinan Ranting (PR), Pimpinan Komisariat (PK), dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU IPPNU se-Kota Probolinggo.

“Sementara sisanya sebanyak tujuh peserta eksternal delegasi dari kabupaten/kota di luar Kota Probolinggo,” pungkasnya.(dn)

Baca juga: 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama