Melek Administrasi IPNU IPPNU, PAC Limpung Gelar Pelatihan

Melek Administrasi IPNU IPPNU, PAC Limpung Gelar Pelatihan
Foto peserta pelatihan administrasi. (Foto: Pelajar NU Limpung)

MEDIA IPNU - Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, adakan Pelatihan Administrasi di Gedung SMK Ma’arif NU 01 Limpung, pada Ahad, (14/8). Hal itu sebagai upaya untuk meningkatkan melek administrasi IPNU IPPNU.

Acara ini diikuti oleh 40 peserta dari delegasi Pimpinan Ranting (PR) dan Pimpinan Komisariat (PK) IPNU dan IPPNU se-Kecamatan Limpung, dengan mengusung tema, “Telaten Administrasi, Eman Organisasi”.

“Dengan tema yang kami angkat ini, diharapkan nantinya dalam berorganisasi tidak hanya melaksanakan kegiatan saja, namun lebih rapi dalam menata administrasinya. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam organisasi, posisi administrasi ini penting. Jadi tujuan diadakannya pelatihan ini tentu untuk menuju Pimpinan Ranting maupun Pimpinan Komisariat yang melek administrasi,” terang Ketua PAC IPNU Limpung Miftahul Huda.

Terkait melek administrasi IPNU IPPNU, tidak sedikit pengurus dari Pimpinan Ranting (PR) maupun Pimpinan Komisariat (PK) yang masih belum paham terkait pembuatan surat, berita acara, pengajuan surat pengesahan atau dokumen keadministrasian lainnya di organisasi.

Mereka masih bingung dan cenderung mengutip sumber yang belum tentu benar. Padahal dalam pengadministrasian di organisasi IPNU IPPNU itu sendiri sudah ada pedoman yang menjadi patokan untuk menertibkan administrasi. Maka dari itu, penting untuk meningkatkan melek administrasi IPNU IPPNU.

Foto peserta pelatihan administrasi. Sumber : Pelajar NU Limpung.
Foto pelatihan administrasi. (Foto: Pelajar NU Limpung)

PAC IPNU IPPNU Kecamatan Limpung sadar betul bahwa ada beberapa kader yang masih belum paham atau belum melek administrasi IPNU IPPNU. Jadi dengan ini PAC IPNU IPPNU melalui Departemen Organisasi mengadakan Pelatihan Administrasi.

Kegiatan tersebut mendatangkan narasumber Wakil Sekretaris PC IPPNU Kabupaten Batang, dan Wakil Ketua Bidang Organisasi PC IPNU Kabupaten Batang secara langsung. Hal itu untuk mengajarkan mengenai ilmu keadministrasian kepada para peserta.

Dalam pelatihan ini peserta mengaku merasa terbantu dan jadi paham dalam membuat surat mulai dari kepala surat sampai kaki surat. Selain itu, peserta juga menjadi mengerti dalam menyusun dan mengajukan berita acara beserta syarat pengajuan surat pengesahan lainnya untuk memenuhi syarat pengajuan surat pengesahan kepengurusan mereka.

Penulis: Nur Fuadah (pelajarnubatang.or.id)

Temukan pula artikel menarik Media IPNU di Google News

Baca juga:

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama