Rekonstruksi Pembunuhan Sadis Pengurus IPNU Mojosari Mojokerto

Rekonstruksi Pembunuhan Sadis Pengurus IPNU Mojosari Mojokerto
Tersangka Dayat ketika memperagakan adegan dalam reka ulang pembunuhan terhadap pemuda pengurus IPNU Mojosari, di Polres Mojokerto, Selasa (20/12/2022).
 

MEDIA IPNU - Rekonstruksi Pembunuhan Sadis Pengurus IPNU Mojosari Mojokerto. Tiga tersangka menjalani 45 adegan dalam rekonstruksi pembunuhan terhadap Ahmad Hasan Muntolip (26), Pengurus Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PAC IPNU) Kecamatan Mojosari, Mojokerto, yang mayatnya dibuang di Pacet-Cangar.

Kasat Reskrim Polres Mojokerto, AKP Gondam Prienggondhani mengatakan, rekonstruksi tersebut menghadirkan ketiga tersangka dan dilakukan di dalam Polres Mojokerto.

"Ada lebih 45 adegan dalam rekonstruksi pembunuhan tadi, dibagi beberapa bagian mulai dari persiapan pembuatan alat dan eksekusi lalu tersangka membuang alat korban," jelasnya, Selasa (20/12/2022).

Gondam melanjutkan, rekonstruksi tidak dilakukan di TKP pembunuhan atau tempat pembuangan korban lantaran lokasinya berada di jalan raya

"Karena TKP berada didekat jalan umum, kami tidak ingin mengganggu fasilitas umum yang dapat  mengundang masyarakat," bebernya.

Menurut Gondam, dalam adegan reka ulang itu terlihat tersangka utama M Nur Hidayatulloh alias Dayat menusuk korban dengan alat yang telah dibawanya di bagian kepala.

Tepat di adegan 31 hingga 34, tersangka Dayat menikam leher dan kepala belakang korban berkali-kali hingga korban meninggal.

"Berkali-kali tersangka tidak ingat ya, mengarah (Menusuk) ke bagian muka wajah korban," ucap Gondam.

Untuk menghilangkan jejak setelah membunuh korban, ketiga tersangka membuang mayat korban ke kawasan Pacet-Cangar

"Pengakuan tersangka menghilangkan jejak, dan dari sedikit reka ulang tadi, seperti menyiapkan alat, kami bisa jerat Pasal 340  (Pembunuhan berencana)," ungkapnya.

Gondam menyebut, reka ulang adegan pembunuhan dalam rekonstruksi ini untuk  memastikan peran masing-masing tersangka sekaligus memenuhi berkas penyidikan.

"Jadi rekonstruksi ini mengungkap peran masing-masing tersangka, ada pihak kejaksaan juga terkait perkembangan kasus paling terpenting membuat terang suatu kasus pidana," tandasnya.(afl)

Baca juga: Forum Media IPNU

Rekonstruksi Pembunuhan Sadis Pengurus IPNU Mojosari Mojokerto. Ini Rekonstruksi Pembunuhan Sadis Pengurus IPNU. Info Rekonstruksi Pembunuhan Sadis. Rekonstruksi Pembunuhan Sadis.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama