Kilas Balik IPNU IPPNU Sukoharjo, Perjalanan Dari Masa Ke Masa

Kilas Balik IPNU IPPNU Sukoharjo, Perjalanan Dari Masa Ke Masa
PC IPNU IPPNU Kabupaten Sukoharjo

MEDIA IPNU - Kilas balik IPNU IPPNU Sukoharjo, perjalanan dari masa ke masa. IPNU IPPNU telah membuat gebrakan baru pada tahun ke tahun dimana mengalami perkembangan serta perubahan luar biasa dalam proses serta organisasinya yang terarah dengan baik dan akurat. Hal ini disebabkan regenerasinya tak pernah habis dan menumbuhkan saling percaya satu sama lain untuk kemudian memiliki perubahan postif pada setiap daerah. Oleh karenanya, IPNU IPPNU telah membuktikkan bahwa seorang pelajar mampu menjawab keraguan senior-senior lembaga banom lainnya agar tetap setia mendukung.

Selain itu, IPNU IPPNU juga mengalami fase kemajuan terlebih dengan adannya zaman modern dan mampu mengaktualisasikan amaliahnya kedalam ranah kebudayaan yang sudah melekat dalam dirinya. Tak heran bila IPNU IPPNU mempunyai jalan pintas pentingnya perjuang, komitmen dibagun bertahun-tahun masih memiliki loyalitas dan memperluas jaringan berbagai daerah termasuk beberapa kabupaten. Hingga di Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah yang bakal menjadi pilar penting regenerasi bahwa IPNU IPPNU telah bersusah payah menekankan kaderisasi kuat yang dibarengi rasa kekeluagaan erat untuk menjalin koneksi yang luas.

Dengan begitu, penulis akan mengulas beberapa faktor penting berdirinya pengurus cabang IPNU IPPNU atau biasa disingkat PC IPNU IPPNU Sukoharjo hadir setiap perjalanannya dari masa ke masa. Dan sebagai langkah melestarikan sejarah ditengah ambruknya kaum milenial yang semakin hari semakin berubah. Jadi, mohon untuk tidak di skip-skip dan simak baik-baik dibawah ini.

Sejarahnya

Kilas balik IPNU IPPNU Sukoharjo, perjalanan dari masa ke masa. PC IPNU IPPNU Sukoharjo berdiri tahun 2001 yang diketuai Rekan Rifai hingga mendirikan PAC Polakarto dan Kartosuro pada tahun 2002 ( Choirunnisa, Strategi Dakwah IPPNU Sukoharjo, 2022). Masa yang dimana sangat sulit terkait pengkederasiannya yang lika-liku. Wajar bila IPNU IPPNU Sukoharjo masih terlihat baru merintis dengan kurangnya sumber daya manusia yang mau berjuang berkhidmat. Karena Sukoharjo masih menjadi kotanya para kaum LDI, Hijrah, yang mendominasikan. Tidak hanya IPNU IPPNU saja mengalami tantangannya, PCNU Sukoharjo juga mengalami hal yang sama.

Menurut K.H Abdullah Faishol yang saat ini menjabat sebagai Rois Syuri’ah PCNU Sukoharjo mengakui dulunya hampir sebagian tokoh NU tidak berani memasukki wilayahnya “Dulu Mbah Kyai Hasyim Muzadi pada saat menjabat menjadi ketua Tanfidiyah PBNU tidak berani memasukki kabupaten Sukoharjo, bahkan kesana membawa embel-embel bendera NU tidak berani memasukki kota ini”. Ini menandakkan bahwa NU juga sangat awal masanya yang masih membutuhkan proses panjang guna menguatkan generasi jenjang lebih jauh.

PC IPNU IPPNU Sukoharjo sempat vakum di tahun 2006 sampai tahun 2009 dikarenakan sulit untuk mencari kader yang memaksannya 11 tahun lamannya untuk menantikkan gebrakan baru PC IPNU IPPNU Sukoharjo. Baru kemudian tahun 2019 mengalami fase kebangkitan dengan mendirikan ranting IPNU IPPNU pertama kali di Kartosuro ( Choirunnisa, Strategi Dakwah IPPNU Sukoharjo, 2022).

Kemunculan Awal PAC di Sukoharjo

Kilas balik IPNU IPPNU Sukoharjo, perjalanan dari masa ke masa. Berdirinya PAC pertama kali yakni PAC Polokarto dan Kartosuro mendirikan tanda kebangkitan yang kelak akan melahirkan bibit anak muda yang mampu meneruskan perjuangan senior-seniornya pada tahun 2002. Sekaligus juga bertanda merahnya beberapa PAC seluruh kabupaten Sukoharjo mulai dari : PAC Bulu, PAC Gatak, PAC Mojolaban, PAC Grogol, PAC Bendosari, PAC Weru, PAC Sukoharjo, PAC Baki, PAC Tawangsari, PAC Nguter. Jumlah tersebut sudah 12 kecamatan sesuai letak geografisnya.

Tentunya juga dukungan perjuangan PC IPNU IPPNU Sukoharjo dalam meraungi kaderisasinya hingga bisa mengoptimalkan jenjang regenenisasi selanjutnya. Dukungan ini juga sekaligus memberikan pelajaran terpenting seluruh PAC se-Sukoharjo agar tak segan memberikan kebersamaan apalagi dari suatu daerah yang sama

Kemunculan Ranting IPNU IPPNU Se-Sukoharjo

Kilas balik IPNU IPPNU Sukoharjo, perjalanan dari masa ke masa. Munculnya Ranting IPNU IPPNU sudah sangat terlihat pada PAC Kartosuro pada tahun 2019 yang mampu mengimplimentasikan sesuai arahan PC IPNU IPPNU Sukoharjo serta menjawab keraguan-keraguan pada kekuatan kaderisasi NU. Ranting IPNU IPPNU juga sudah tersebar ke PAC se-Sukoharjo walaupun masih banyak beberapa kendala yang memang harus dievaluasi dan diperbaiki.

Tetapi ini membuktikkan Sukoharjo juga layak diperhitungan sebagai kota bersahabat berbau Nadliyin yang mengalami buah pahit yang dideritannya selama ini. Kartosuro juga menjadi pusat lahirnya NU yang saat ini masih memiliki kekuatan amaliah setiap jenjang kesehariannya. Dan mampu memberikan contoh kepada kecamatan lain bahwa perjuangan harus tetap diperjuangkan selama masih ada darah yang mengikatnya.

Sesuai Zaman Kini

Di tahun 2022 lalu PC IPNU IPPNU Sukoharjo mengalami perubahan baru sesuai kapasitas kaum milenial dan kebutuhannya salah satunya mampu mengadakan rangkain harlah santri melibatkan PAC se-Sukoharjo dan memperkenalkannya di ranah Komisariat Sekolah Formal yang kebanyakkan adalah game kekinian. Game tersebut meliputi : Mobile Legend. Dan juga diikuti event lain berbentuk modern seperti halnya : Vidio Pendek dan hadroh. Salah satu yang menjadi pusat perhatian yakni hadroh melibatkan seluruh PAC ataupun Ranting IPNU IPPNU se-Sukoharjo. Ada juga yang tak kalah pentingnya sebelumnya yakni mengadakan kompetisi Futsal. Dan sepak Bola menjadi olahraga yang sangat eksis pada masa kepemimpinannya Rekan Ridho.

Kesimpulannya

Buah perjalanan PC IPNU IPPNU Sukoharjo dari masa ke masa telah mengajarkan kita sesuatu perjuangan akan terus berjuang memberikan pengaruh serta mampu berbaur pada masyarakat sekitar. IPNU IPPNU Sukoharjo juga tak henti-hentinya menularkan keilmuannya dengan keorganisasian, mengedepankan pembimbingan agar PAC se-Sukoharjo tidak lepas begitu saja, dan akan tetap berjuang ditengah lengahnya kepengurusannya.

PC IPNU IPPNU Sukoharjo juga memberikan hikmah kepada kita bahwa pentingnya kebersamaan yang seharusnya diikat dengan tali yang kuat seperti halnya tali pramuka. Untuk itulah, sebaiknya sebagai anggota IPNU IPPNU baik pengurus, atau alumni agar tidak segan memberikan pengetahuannya kepada regenerasi berikutnya untuk senantiyasa tetap berkomitmen dengan semboyan belajar, berjuang, bertakwa sesuai filosofi ada pada pendiri IPNU IPPNU.

Penulis: Ahmad Zuhdy Alkhariri (Pengurus PC IPNU Sukoharjo)

Baca juga: Forum Media IPNU

Kilas balik IPNU IPPNU Sukoharjo. Ini Kilas balik IPNU IPPNU Sukoharjo. Info Kilas balik IPNU IPPNU Sukoharjo. Kilas balik IPNU IPPNU.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama