Ketua IPNU Kubu Raya: Cegah Karhutla, Jangan Membakar Lahan

Ketua IPNU Kubu Raya: Cegah Karhutla, Jangan Membakar Lahan
Ketua IPNU Kubu Raya: Cegah Karhutla, Jangan Membakar Lahan

MEDIA IPNU - Ketua IPNU Kubu Raya: Cegah Karhutla, Jangan Membakar Lahan. Cuaca panas yang ekstrem membuat tumbuhan menjadi mengering dan mudah terbakar. Hal itu tentunya bisa memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) termasuk di Kabupaten Kubu Raya (KKR) yang sebagian besar wilayahnya lahan gambut.

Lahan gambut disertai dengan cuaca panas ini tentunya rawan terjadi kebakaran hutan ataupun lahan. Oleh sebab itu, untuk mengurangi dan meminimalisir terjadinya karhutla, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Kubu Raya, Abdusshomad mengajak masyarakat untuk membuka lahan dengan cara tidak dibakar.

"Kepada warga Kubu Raya, saya mengajak kita semua untuk tidak membakar saat membuka lahan. Karena saat ini, kita sedang menjalani hari-hari yang sangat panas dan ekstrem. Api itu akan mudah menyebar saat kita membuka lahan dengan cara membakar," ujarnya, Minggu (30/7/2023).

Lebih lanjut, Abdusshomad menerangkan bahwa Pemerintah Kabupaten Kubu Raya bersama seluruh stakeholder terkait telah berupaya untuk meminimalisir terjadinya kebakaran tersebut, bahkan selalu bersosialisasi dan mengedukasi masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Namun demikian, lanjutnya, kasus karhutla di Kubu Raya masih saja terjadi. Dia menilai, bahwa selain faktor alam, hal itu juga terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan yang masih saja membuka lahan dengan cara dibakar.

"Mari kita cintai dan jaga kelestarian lingkungan agar terbebas dari bencana karhutla, yang tentunya hal itu berdampak sangat buruk bagi manusia dan ekosistem alam," ucapnya.(ma)

Baca juga:  cakarif.my.id

Ketua IPNU Kubu Raya: Cegah Karhutla, Jangan Membakar Lahan. Ini Ketua IPNU Kubu Raya: Cegah Karhutla. Info Ketua IPNU Kubu Raya. Ketua IPNU Kubu Raya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama