Pentingnya Literasi Untuk Kalangan Generasi Z

Pentingnya Literasi Untuk Kalangan Generasi Z
Penulis : Udi Rustandi (Demisioner Ketua PKPT IPNU STISIP Setia Budhi Rangkasbitung 2021-2022)

MEDIA IPNU - Pentingnya Literasi Untuk Kalangan Generasi Z. Kita sebagai manusia terdidik sudah sering mendengar istilah melek aksara, keberaksaraan, kemahirwacanaan, dan literasi. Keempat istilah tersebut pada dasarnya berpadanan dan berkemiripan makna karena ketiga istilah pertama merupakan usaha mengindonesiakan istilah literacy. 

Namun, seiring dengan perkembangan waktu, sekarang istilah literacy diadaptasi menjadi literasi dalam bahasa Indonesia. Di Indonesia bahkan sekarang istilah literasi lebih populer dibandingkan dengan istilah melek aksara, keberaksaraan, dan kemahirwacanaan.

Dapat dikatakan bahwa dalam beberapa tahun belakangan istilah literasi dan gerakan literasi semakin dikenal luas oleh masyarakat Indonesia termasuk pegiat literasi di masyarakat dan kalangan pendidikan baik kalangan sekolah maupun pegiat pendidikan nonformal.

Semakin populer dan dikenal luasnya istilah literasi dan gerakan literasi di Indonesia paling tidak disebabkan oleh empat hal utama.

Pertama, semakin tumbuhnya kesadaran betapa fundemental, strategis, dan pentingnya bagi kemajuan dan masa depan masyarakat dan bangsa Indonesia. Baik secara historis maupun sosiologis terbukti bahwa masyarakat dan bangsa yang maju dan unggul selalu disokong oleh adanya literasi.

Kedua, semakin disadarinya oleh sebagian besar kalangan masyarakat Indonesia termasuk pemerintah Indonesia bahwa kemajuan dan keunggulan individu, masyarakat, dan bangsa Indonesia juga ditentukan oleh adanya tradisi dan budaya literasi yang mantap.

Ketiga, semakin kuatnya kepedulian dan keterlibatan berbagai kalangan masyarakat, komunitas dan pemerintah dalam usaha-usaha menumbuhkan, memantapkan, dan bahkan menyebarluaskan kegiatan, program, tradisi, dan budaya literasi di lingkungan masyarakat, lingkungan komunitas, dan lingkungan pendidikan.

Keempat, semakin banyaknya gerakan-gerakan literasi yang berkembang di masyarakat dan sekolah yang dilakukan oleh berbagai kalangan.

Tak mengherankan, gerakan literasi makin marak di kalangan masyarakat dan pendidikan di Indonesia. Lebih-lebih setelah pemerintah mencanangkan dan menggencarkan gerakan literasi sekolah, pamor gerakan literasi mengalami pasang naik. Berbagai festival, lomba, klinik, dan juga pertemuan ilmiah tentang literasi sebagai bagian dari gerakan literasi makin sering dilaksanakan oleh berbagai pihak.

Konsep literasi mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Pada mulanya literasi sering dipahami sebagai melek aksara, dalam arti tidak buta huruf. Kemudian melek aksara dipahami sebagai kepahaman atas informasi yang tertuang dalam media tulis. Tak mengherankan, kegiatan literasi selama ini identik dengan aktivitas membaca dan menulis. Lebih lanjut, literasi dipahami sebagai kemampuan berkomunikasi sosial di dalam masyarakat.

Di sinilah literasi sering dianggap sebagai kemahiran berwacana. Dalam konteks inilah, mengartikan literasi sebagai kemampuan seseorang dalam berkomunikasi di masyarakat.

Literasi juga mengandung makna praktek dan hubungan sosial yang berkaitan dengan bahasa, pengetahuan, dan budaya.

Bahwa literasi informasi terkait pula dengan kemampuan untuk mengidentifikasi, menentukan, menemukan, mengevaluasi, menciptakan secara efektif dan terorganisasi, menggunakan dan mengkomunikasikan informasi untuk mengatasi bermacam-macam persoalan. Kemampuan-kemampuan terssebut perlu dimiliki tiap individu sebagai syarat untuk berpartisipasi dalam masyarakat informasi, dan hal tersebut merupakan bagian dari hak dasar manusia menyangkut pembelajaran sepanjang hayat.

Sejalan dengan itu, dalam program Gerakan Literasi Sekolah Kemdikbud mengartikan kemampuan berliterasi sebagai adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai kegiatan, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, atau berbicara.

Di tengah banjir bandang informasi melalui berbagai media, baik media massa cetak, audiovisual maupun media sosial, kemampuan berliterasi tersebut sangat penting. Dengan kemampuan berliterasi yang memadai dan mantap, kita sebagai individu, masyarakat, dan atau bangsa tidak mudah terombang-ambing oleh berbagai informasi yang beraneka ragam yang datang secara bertubi-tubi kepada kita.

Di samping itu, dengan kemampuan berliterasi yang baik, kita bisa meraih kemajuan dan keberhasilan. Tak mengherankan, Kemendikbud menyatakan bahwa kemampuan berliterasi merupakan titik pusat kemajuan  bahwa kemampuan berliterasi telah menjadi prasyarat partisipasi bagi berbagai kegiatan sosial, kultural, politis, dan ekonomis pada zaman modern.

Kemudian Global Monitoring Report Education for All (EFA) 2007: Literacy for All menyimpulkan bahwa kemampuan berliterasi berfungsi sangat mendasar bagi kehidupan modern, kemampuan berliterasi adalah langkah pertama yang sangat berarti untuk membangun kehidupan yang lebih baik.

Sejalan dengan gejala literasi yang terus berkembang, dewasa ini bentuk dan jenis literasi juga terus berkembang di samping juga terus berkembang hakikat dan konsepnya. Sampai sekarang telah terdapat berbagai bentuk dan jenis literasi yang ditawarkan atau dikembangkan oleh berbagai pihak.

Sebagai contoh, PISA (Programme for International Student Assesment) yang dikoordinasikan oleh OECD telah mengategorikan literasi menjadi

  • (a) literasi keilmu-alaman (scientifical literacy).
  • (b) kebeberaksaraan matematis (mathematical literacy).
  • (c) literasi membaca (reading literacy). 

Dalam berbagai terbitannya mengenai masyarakat informasi, Kemendikbud menyatakan adanya literasi informasi dan literasi media.

Literasi yang komprehensif dan saling terkait memampukan seseorang untuk berkontribusi kepada masyarakatnya sesuai dengan kompetensi dan perannya sebagai warga negara global. Sebab itu, kemampuan menguasai beraneka bentuk dan jenis literasi tersebut mendukung keberhasilan dan kemajuan seseorang, masyarakat, bahkan bangsa.

Dalam konteks pendidikan, kemampuan menguasai berbagai bentuk dan jenis literasi tentulah akan membuat peserta didik sukses dan maju. Lebih lanjut, juga akan menumbuhkan tradisi dan budaya literasi. Untuk itu, dalam pendidikan formal, peran aktif para pemangku kepentingan, yaitu kepala sekolah, guru sebagai pendidik, tenaga kependidikan, dan pustakawan sangat berpengaruh untuk memfasilitasi pengembangan kemampuan berliterasi peserta didik.

Agar lingkungan literasi tercipta, diperlukan perubahan paradigma semua pemangku kepentingan. Selain itu, diperlukan juga pendekatan cara belajar-mengajar yang mengembangkan komponen-komponen literasi ini. Kesempatan peserta didik terpajan dengan berbagai bentuk dan jenis literasi menentukan kesiapan peserta didik berinteraksi dengan literasi lain.

Saya mengajak kepada rekan-rekan untuk meningkatkan literasi di daerah masing-masing agar selalu berkembang, kita sebagai kalangan generasi milenial harus mampu membangun jiwa semangat anak-anak muda agar tetap melestarikan budaya literasi.

Penulis : Udi Rustandi (Demisioner Ketua PKPT IPNU STISIP Setia Budhi Rangkasbitung 2021-2022, Ketua Bidang Keorganisasian IPNU Kabupaten Lebak, Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Universitas Setia Budhi Rangkasbitung)

Baca juga:  cakarif.my.id

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama