Makesta IPNU IPPNU Gondokusuman Yogyakarta Tumbuhkan Jiwa Organisatoris Gen-Z

Makesta IPNU IPPNU Gondokusuman Yogyakarta Tumbuhkan Jiwa Organisatoris Gen-Z
Makesta IPNU IPPNU Gondokusuman Yogyakarta Tumbuhkan Jiwa Organisatoris Gen-Z

MEDIA IPNU – Makesta IPNU IPPNU Gondokusuman YogyakartaTumbuhkan Jiwa Organisatoris Gen-ZPimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kemantren Gondokusuman menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) III pada Sabtu-Minggu (30-31/12/2023).

Makesta III PAC IPNU IPPNU Kemantren Gondokusuman bertemakan “Membentuk Kader Militan Melalui Nilai ke-Aswaja-an Guna Menumbuhkan Jiwa Organisatoris di Era Gen-Z”. Acara diselenggarakan di Bangunan Lama SMA UII Banguntapan, Bantul, DIY.

Masa Kesetiaan Anggota merupakan jenjang kaderisasi formal tingkat pertama di Organisasi IPNU  IPPNU bertujuan untuk mempersiapkan calon anggota IPNU IPPNU agar memiliki pemahaman yang kuat tentang ajaran Islam Ahlu Sunnah Wal Jamaah An Nahdliyyah.

Menurut Ketua PAC IPPNU Kemantren Gondokusuman Nina Rojanah, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Makesta merupakan gerbang awal untuk mengenal lebih dalam Nahdlatul Ulama, tidak hanya secara kultural, namun secara struktural.

“Kita ini yang nantinya akan melanjutkan perjuangan Nadhlatul Ulama baik tingkatan MWC, PC, sampai Pengurus Besar. Banyak dari kita hanya mengikuti NU secara kultural namun sukar untuk mendidikasikan diri dalam organisasi secara struktural,” ujar Nina, sapaan akrabnya.

Padahal, dengan terlibat di organisasi (termasuk IPNU-IPPNU), banyak hal yang kita dapatkan, seperti terbentuknya jiwa leadership dan organisatoris,” tambahnya.

Makesta IPNU IPPNU Gondokusuman Yogyakarta Tumbuhkan Jiwa Organisatoris Gen-Z
Makesta IPNU IPPNU Gondokusuman Yogyakarta Tumbuhkan Jiwa Organisatoris Gen-Z

Kemudian, Ketua PC IPNU Kota Yogyakarta, Nadru Aulia Rahman memberikan apresiasi kepada PAC IPNU IPPNU Kemantren Gondokusuman.

“Meskipun di akhir tahun tapi kegiatan tetap aktif, yang lain menyambut tahun baru tapi PAC IPNU IPPNU menyambut kader baru,” ungkapnya.

Makesta III PAC IPNU IPPNU Kemantren Gondokusuman memiliki fokus sesuai dengan grand desain kepengurusan PAC IPNU IPPNU Kemantren Gondokusuman, yaitu penguatan kaderisasi dan menumbuhkan jiwa organisatoris.

Sehingga harapannya, peserta yang telah di nyatakan resmi sebagai anggota IPNU IPPNU bisa bertanggung jawab terhadap organisasi, dan berkontribusi di organisasi.

Anisa salah satu peserta Makesta mengungkapkan harapannya bahwa Makesta berlangsung dengan asyik dan menyenangkan.

“Seru banget, biarpun materinya banyak. Semoga untuk Makesta  selanjutnya ditambahi waktu yang lebih agar penyampain materi tidak terburu-buru dan hanya singkat saja,” ungkap Anisa.

Sebagai informasi, kegiatan Makesta III ini diikuti oleh 20 peserta, 14 perempuan dan 6 laki-laki.

Acara ini juga dihadiri oleh Rois Syuriah MWC NU Kemantren Gondokusuman Bapak KH Suwarno, dan Dewan Pembina PAC IPNU IPPNU Kemantren Gondokusuman Bapak KH Abdul Halim Nasution SAg.

KontributorNina Rojanah

Baca juga: https://ippnu.or.id

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama