Jurusan di Columbia University yang Paling Populer

Jurusan di Columbia University yang Paling Populer
Foto: sellalab.biology.columbia.edu

MEDIA IPNU - Jurusan di Columbia University yang Paling Populer.  Kampus internasional kembali menyapa pembaca Media IPNU, nih. Adakah dari kalian yang ingin melanjutkan studi keluar negeri? Di Australia ada Queenslands, kalau di  Belanda ada Leiden University, dan yang paling terkenal tentu di Amerika, Harvard  University.

Selain Harvard, ternyata ada  banyak universitas unggul di Amerika, lho, Rekan-Rekanita, tentu yang jadi bahasan kita kali ini bernama Columbia University.

5 Jurusan Paling Populer di Columbia University

Memilih universitas yang memiliki jurusan yang sesuai dengan passion dan jalur karier yang kamu dambakan bukan pekerjaan yang mudah. Namun, semakin banyak jurusan yang ditawarkan sebuah universitas, semakin gampang untuk menyortir mana yang cocok untukmu dan mana yang tidak. Media IPNU akan membantu memandumu memilih jurusan di Columbia University, salah satu universitas ternama yang terletak di Amerika Serikat. Baca terus, ya, untuk tahu 5 jurusan paling populer di Columbia! Let’s get started!

1. Social Sciences

Salah satu jurusan di Columbia University yang populer adalah Social Sciences atau Ilmu Sosial. Jurusan ini populer karena dinilai bergengsi di kalangan mahasiswa. Universitas Columbia menawarkan banyak studi penelitian yang berbeda melalui jurusan ini. Kamu bisa berkesempatan untuk memperluas wawasan sosialmu!

Terdiri dari departemen Antropologi, Ekonomi, Sejarah, Ilmu Politik, dan Sosiologi, dan hampir tiga puluh lembaga dan pusat penelitian, Divisi Social Sciences mendalami tradisi perbedaan intelektual dan saat ini terkenal dengan penyelidikan sosial yang inovatif. Jika memilih jurusan ini, kamu akan mempelajari beragam pertanyaan kompleks tentang pengalaman manusia dan dunia, serta terlibat dalam pengajaran dan penelitian yang mengeksplorasi isu-isu penting dari masa lalu dan masa kini dalam konteks lokal dan global.

2. Engineering

The Fu Foundation School of Engineering and Applied Sciences di Columbia University merupakan salah satu yang paling ternama di dunia dan sangat direkomendasikan jika kamu ingin mengejar karier di bidang ini. Berdiri sejak 1864, jurusan ini adalah salah satu sekolah teknik tertua dan paling terkenal di AS.

Jika memilih jurusan di Columbia University ini, kamu akan belajar bagaimana cara memberikan kontribusi bagi kemajuan teknologi dan sosial, serta melanjutkan tradisi inovasi dalam setiap aspek kehidupan. Engineering dapat diterapkan di sejumlah bidang seperti perawatan kesehatan, keberlanjutan lingkungan, hingga konektivitas antarmanusia di seluruh dunia.

3. Biological and Biomedical Sciences

Banyak mahasiswa yang masuk perguruan tinggi dengan keinginan untuk mengikuti karier di bidang kedokteran dengan memilih salah satu jurusan terkait. Biological and Biomedical Sciences merupakan salah satu jurusan di Columbia University yang menawarkan banyak peminatan berbeda dan memberi mahasiswa keunggulan ketika melamar sekolah kedokteran pada khususnya.

Fokus inti dari pembelajaran jurusan ini adalah pada biologi molekuler dan neurobiologi, dua bidang yang tetap menjadi yang terdepan dalam biologi modern. Jurusan ini kemudian diperluas ke bidang penelitian tambahan selama dua dekade terakhir, seperti biologi perkembangan, biologi sel, biologi struktural, biofisika, biologi kimia, dan biologi komputasi.

4. Computer and Information Sciences

Computer and Information Sciences adalah salah satu jurusan yang paling populer di sana. Jurusan ini sangat kuat di Columbia, khususnya karena universitas ini memiliki banyak koneksi dengan perusahaan-perusahaan besar di New York.

Jurusan Ilmu Komputer di Columbia mempelajari kurikulum terpadu, sebagian di bidang yang berhubungan langsung dengan komputer, seperti bahasa pemrograman, sistem operasi, dan arsitektur komputer. Sementara itu, sebagian lagi dalam ilmu komputer teoretis dan matematika. Columbia University menyatakan bahwa sebagian besar lulusan jurusan ini melangkah langsung ke posisi karier dalam ilmu komputer dengan industri atau pemerintah, atau melanjutkan pendidikan mereka di program gelar pascasarjana. Banyak yang memilih untuk menggabungkan ilmu komputer dengan minat karier mereka dengan mengejar program tambahan dalam administrasi bisnis, kedokteran, atau studi profesional lainnya.

5. Mathematics and Statistics

Columbia University menawarkan jurusan matematika yang akan membantu lulusannya unggul dalam program pascasarjana atau karier.

Jurusan matematika adalah pengantar untuk beberapa hal penting dari perkembangan matematika teoretis. Studi ini juga diterapkan pada banyak masalah. Baik internal matematika maupun yang muncul dalam disiplin ilmu lain seperti fisika, kriptografi, dan keuangan.

Sementara itu, jurusan statistik berdiri di atas dasar teori probabilitas dan statistik untuk memberikan pelatihan praktis dalam metode statistik, desain studi, dan analisis data. Jurusan ini cocok untuk kamu yang mencari pekerjaan profesional di bidang-bidang seperti pengembangan obat, kebijakan kesehatan, pemasaran, jajak pendapat, keuangan dan perbankan, pemerintah, dan asuransi.

Nah, itu dia beberapa jurusan di Columbia University. Apakah ada yang menarik minatmu? Jangan terburu-buru untuk menentukan jurusan, telusuri minatmu lebih dalam lagi dan coba cari tahu hal apa yang benar-benar ingin kamu pelajari.

Sejarah Singkat  Columbia University

Jurusan di Columbia University yang Paling Populer
Logo Columbia University

Universitas swasta ini didirikan pada tahun 1754 sebagai King’s College, dan menerima piagam dari King of England George II. Sehingga tak mengherankan jika  Universitas Columbia disebut sebagai institusi tertua di New York dan kelima tertua di Amerika Serikat.

Perlu kalian tahu Sob, dahulu nama Samuel Johnson merupakan orang  pertama yang mengajar di Universitas Columbia yang saat itu masih bernama Kings College. Ketika itu, hanya ada 8 siswa yang menempuh pendidikan di King’s College.

Columbia University sebelumnya bernama Kings College. Perubahan nama dari Kings College menjadi Universitas Columbia terjadi pada tahun 1784. Hingga saat ini nama Universitas Columbia masih dipertahankan tanpa mengalami perubahan lainnya.

Lahirkan Banyak Lulusan Berprestasi

Columbia university banyak meluluskan tokoh tokoh besar berpengaruh. Selain mantan presiden Amerika, Barack Obama, ada beberapa tokoh dunia yang merupakan lulusan dari  Universitas Colombia, diantaranya Theodore Roosevelt, Franklin Delano Roosevelt, Mikheil Saakashvili, Warren Buffett dan Jose Ramos Horta

Bahkan jika mundur lebih jauh lagi, sudah sejak abad ke-20, lebih dari 60 orang lulusan Universitas Columbia memenangkan penghargaan Nobel, termasuk Harold C. Urey di bidang kimia, I.I Rabi dan Polykarp Kusch di bidang fisika, Andre Cournand dan Dickinson Richards di bidang pengobatan, serta William Vickrey di bidang ekonomi.

Motto Columbia University

Universitas Columbia memiliki motto “In lumine tuo videbimus lumen” yang diartikan dalam bahasa Inggris; “In your light we will see the light”.

Atau jika diterjemahkan berarti  “Dalam Terangmu, Kami Akan Menemukan Terang.” Sementara sebagai simbol atau maskotnya, Universitas Columbia menggunakan singa.

Menariknya, simbol singa pada Metro-Goldwyn-Mayer Studio ternyata terinspirasi dari maskot singa Universitas Columbia, lho. Wah tak mengherankan juga ya,  jika mereka mengadopsi simbol tersebut sebagai bagian dari cinta almamater.

Fakultas dan Program Sarjana

Universitas Columbia memiliki 3 fakultas untuk jenjang sarjana, yaitu Sekolah Tinggi Colombia, Sekolah Teknik dan Ilmu Pengetahuan Terapan Yayasan Fu, dan Sekolah untuk Ilmu Pengetahuan Umum.

Perbandingan jenjang sarjana dengan jenjang pascasarjana di Universitas Columbia menawarkan lebih banyak pilihan fakultas, yaitu Sekolah Kedokteran Gigi, Sekolah Bisnis Colombia, Sekolah Kedokteran dan Bedah, Sekolah Hukum Colombia, Sekolah Kesehatan Masyarakat Mailman, Jurnalisme Colombia.

Sedangkan untuk Sekolah Pascasarjana, ada Pascasarjana Arsitektur, Perencanaan dan Pelestarian, Seni dan Ilmu Pengetahuan, Sekolah untuk Kajian dan Urusan Hubungan Internasional, Sekolah Perawat, hingga pascasarjana Sekolah Pekerja Sosial dan Sekolah Seni.

Lokasi Columbia University

Columbia University memiliki dua tempat yakni, Morningside Heights dan di Washington Heights.

Universitas Columbia tepatnya terletak di Manhattan, New York City, Amerika Serikat. Berkedudukan di dua lokasi, yaitu yang pertama di komplek Morningside Heights dan di Washington Heights, untuk kampus keduanya.

Universitas Columbia mempunyai  suatu bangunan yang sangat bersejarah dan merupakan identitas dari Universitas Columbia, yaitu Memorial Library Low.

Terletak tak jauh dari Low Memorial Library  juga terdapat Pupin Hall yang pada tahun 1966 telah ditetapkan sebagai bangunan bersejarah nasional Amerika.

Faculty of Columbia University 

As of 2021, Columbia employs 4,381 faculty, including 70 members of the National Academy of Sciences, 178 members of the American Academy of Arts and Sciences, and 65 members of the National Academy of Medicine. In total, the Columbia faculty has included 52 Nobel laureates, 12 National Medal of Science recipients, and 32 National Academy of Engineering members.

Columbia University faculty played particularly important roles during World War II and the creation of the New Deal under President Franklin D. Roosevelt, who attended Columbia Law School. The three core members of Roosevelt's Brain Trust: Adolf A. Berle, Raymond Moley, and Rexford Tugwell, were law professors at Columbia. The Statistical Research Group, which used statistics to analyze military problems during World War II, was composed of Columbia researchers and faculty including George Stigler and Milton Friedman. Columbia faculty and researchers, including Enrico Fermi, Leo Szilard, Eugene T. Booth, John R. Dunning, George B. Pegram, Walter Zinn, Chien-Shiung Wu, Francis G. Slack, Harold Urey, Herbert L. Anderson, and Isidor Isaac Rabi, also played a significant role during the early phases of the Manhattan Project.

Program Khusus Program di Columbia University

Namun, ada beberapa program yang dikhususkan  untuk kajian dan Urusan Hubungan Internasional. Di Universitas Columbia menawarkan beberapa program spesifikasi, diantaranya Master of International Affairs (MIA), Program in Economic Policy Management (PEPM), Master of Public Administration (MPA), Executive Master of Public Administration, PhD in Sustainable, Development dan Master of Public Administration in Environmental Science and Policy, dan  Dual Degree Programs.

Syarat yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mendaftar

Jika sobat Brain menaruh minat masuk ke Universitas Columbia, pastinya cukup kompetitif ya. Sudah bukan rahasia lagi jika Columbia University sangat kompetitif  ya Sob. Separuh pendaftar  yang diterima di Universitas Columbia memiliki skor SAT antara 1450 dan 1570 atau skor ACT 33 dan 35.

Proses penjaringan penerimaan  Columbia University sebagian besar sama untuk semua siswa terlepas dari kewarganegaraan atau negara tempat tinggal mereka.

Oh iya, ada tambahan lagi yang wajib kalian pahami Sob. Menempuh pendidikan di Universitas Columbia, maka Sobat Brain harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris. Tentu saja  bahasa Inggris yang baik dalam segi penulisan, struktur kata, dan  pengucapan.

Alasannya  ini sudah menjadi standar yang cukup tinggi yang ditetapkan oleh Universitas Columbia yaitu TOEFL IBT untuk jenjang sarjana minimal 100 dan untuk jenjang pascasarjana 100, IELTS untuk jenjang sarjana minimal 7, dan jenjang pasca sarjana dengan nilai 8.

Kesimpulan

Nah itulah tadi ulasan  seputar Universitas Columbia di New York, Amerika Serikat. Semoga dapat menginspirasi sobat Brain dalam menempuh pendidikan tinggi di luar negeri.

Untuk info selengkapnya seputar pendidikan di  Universitas Columbia, atau untuk mengetahui program-program dari Universitas Columbia,Kalian bisa mengakses di www.colombia.edu.

Atau, jika Rekan/Rekanita berkeinginan  langsung mengunjungi Universitas Columbia, Kamu bisa mendatangi alamatnya di 116th Street and Broadway, New York, Amerika Serikat. Sampai bertemu di pembahasan universitas luar negeri lainnya. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Jurusan di Columbia University yang Paling Populer. Ini Jurusan di Columbia University yang Paling Populer. Info Jurusan di Columbia University yang Paling Populer. Tentang Jurusan di Columbia University yang Paling Populer. Jika Jurusan di Columbia University yang Paling Populer. Maka Jurusan di Columbia University yang Paling Populer. Jadi Jurusan di Columbia University yang Paling Populer. Misalnya, Jurusan di Columbia University yang Paling Populer. Andai Jurusan di Columbia University yang Paling Populer. Namun, Jurusan di Columbia University yang Paling Populer. Artinya, Jurusan di Columbia University yang Paling Populer. Jika Jurusan di Columbia University yang Paling Populer. Maka Jurusan di Columbia University yang Paling Populer. Jadi, Jurusan di Columbia University yang Paling Populer. Ini Jurusan di Columbia University yang Paling Populer. Soal Jurusan di Columbia University yang Paling Populer. Jika Jurusan di Columbia University yang Paling Populer. Maka Jurusan di Columbia University yang Paling Populer. Jadi Jurusan di Columbia University yang Paling Populer.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama