Anies Baswedan Siap Hadapi Tantangan BEM UI, Praktisi: Semua Kandidat Harusnya Berani

Anies Baswedan Siap Hadapi Tantangan BEM UI, Praktisi: Semua Kandidat Harusnya Berani
Anies Baswedan Siap Hadapi Tantangan BEM UI, Praktisi: Semua Kandidat Harusnya Berani   

MEDIA IPNU - Anies Baswedan Siap Hadapi Tantangan BEM UI, Praktisi: Semua Kandidat Harusnya Berani. Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting (PRC) Rio Prayogo mengapresiasi respons bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan yang menyanggupi tantangan berdebat Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia atau BEM UI. 

"Dengan begitu, Anies menunjukkan keberanian dirinya “diobok-obok" wacana intelektualitas dan komitmennya oleh komunitas kritis dan intelek progresif di kampus,” kata Rio dalam keterangan tertulis, Senin, 21 Agustus 2023.

Menurut Rio, semestinya bukan hanya bacapres Anies yang sigap menanggapi tantangan ini, tetapi semua kandidat bacapres harus berani 'ditelanjangi' kapasitas wawasan, wacana pemikiran, serta substansi intelektualitasnya.

Menurut Rio, langkah ini merupakan hal ideal untuk calon presiden diuji kapasitas intelektual dan kepemimpinannya di hadapan kaum intelektual progresif yakni mahasiswa dan pengajar di lingkungan akademis kampus.

Rio menilai debat di kampus akan mengembalikan budaya dialektika intelektual yang sehat dan bagus sebagaimana  kerap dilakukan para founding fathers Indonesia. Sehingga kata Rio, terlihat intelektualitas dan komitmen bacapres atas berbagai isu struktural.

“Ini akan mengembalikan proses kandidasi ke arah awal berdirinya republik ini, di mana percakapan intelektualitas menjadi benchmark rekrutmen kepemimpinan nasional. Dulu, hampir semua tokoh pendiri bangsa punya legitimasi intelektual, ideologi dan bangunan dialektika yang kokoh”, ucapnya.

Tak hanya itu, Rio kemudian mengimbau kepada seluruh Ketua BEM di Indonesia menggagas wacana serupa laiknya diusung BEM UI. Tentu kata Rio, hal ini untuk melihat bagaimana kompetensi pikiran dan gagasan para bacapres jika menjabat jadi RI 1.

"Berharap semua BEM Universitas seluruh Indonesia mengundang para kandidat untuk mendebat isi pikiran dan gagasan mereka seperti apa jika nanti jadi presiden”, ujar Rio

Rio mengatakan agenda BEM UI merupakan respons dari putusan MK Nomor 65/PUU-XXI/2023, soal tempat pendidikan dan fasilitas pemerintahan diperbolehkan menjadi lokasi kampanye sepanjang ada izin dari penanggung jawab tempat dimaksud dan hadir tanpa atribut kampanye pemilu.

Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) itu pun kata Rio dimanfaatkan oleh BEM UI untuk melihat gagasan capres dengan menghadiri debat wawasan di kampusnya.

Sebelumnya BEM UI menantang para calon presiden untuk datang ke kampus dan menguji substansi serta pemikiran calon pemimpin. "Bukannya jadi ladang cari muka para pimpinan kampus dan ladang main mata kaum intelektual dan politisi saja," kata Ketua BEM UI Meli Sedek Huang dalam siaran persnya.

Anies kemudian menanggapi tantangan BEM UI tersebut lewat media sosialnya. "Yuk kapan?" cuit Anies dalam akun X resminya @aniesbaswedan. Anies juga membagikan tangkapan layar cuitannya tersebut di media sosial Instagram. "Siap menerima undangan," tulis Anies dalam keterangan unggahannya.

Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said, menyatakan Anies tidak pernah menolak untuk berbagi pemikiran.

"Pak Anies tidak pernah menolak undangan untuk berbagi pemikiran, sepanjang waktunya tersedia," kata Sudirman melalui pesan tertulis kepada Tempo, Senin, 21 Agustus 2023.

Sudirman mengatakan tanggapan Anies yang siap ditantang berdebat ini memang begitu harusnya tugas pemimpin politik. "Harus selalu siap sedia menyampaikan gagasan dan visinya," kata dia.

Sudirman Said menyatakan BEM UI tinggal mengajukan undangan kepada Anies. Jika diundang, kata Sudirman, ia yakin Anies akan menghadiri acara tersebut. "Silakan saja dilayangkan undangan," ucapnya.

Sumber: nasional.tempo.co

Baca juga:  cakarif.my.id

Anies Baswedan Siap Hadapi Tantangan BEM UI, Praktisi: Semua Kandidat Harusnya Berani. Ini Anies Baswedan Siap Hadapi Tantangan BEM UI, Praktisi: Semua Kandidat Harusnya Berani. Tentang Anies Baswedan Siap Hadapi Tantangan BEM UI. Anies Baswedan Siap Hadapi Tantangan BEM UI.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama