Beda Anies dan Ganjar Merespons Tantangan Debat BEM UI

Beda Anies dan Ganjar Merespons Tantangan Debat BEM UI
Ilustrasi: bacapesan.fajar.co.id

MEDIA IPNU - Beda Anies dan Ganjar Merespons Tantangan Debat BEM UI. Tantangan debat dilemparkan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) kepada semua bakal calon presiden yang hendak berkampanye untuk datang ke kampus mereka. Ketua BEM UI, Melki Sedek Huang, menyatakan pihaknya siap menguliti semua isi pikiran dan mendebat seluruh argumen para calon presiden.

Pak Anies Hadir Kapan pun Diundang BEM UI Tantang Capres Debat di Kampus, Ganjar: Belum Apa-Apa Kok Debat, Sabar

"Jika memang punya nyali, BEM UI mengundang semua calon presiden atau bakal calon presiden untuk hadir ke UI karena kami siap untuk menguliti semua isi pikiran kalian. Kami siap menyampaikan aspirasi kami dan mendebat seluruh argumen kalian jika perlu,” ujar Melki lewat keterangannya, Senin (21/8/2023).

Menurut Melki, BEM UI tak mau masa depan bangsa ini digantungkan pada calon pemimpin yang hanya berfokus pada kampanye, pencitraan, dan lips service yang tak bermutu. Dia mengungkapkan, saat ini Indonesia membutuhkan pemimpin yang cerdas dan berpihak untuk rakyat banyak.

“Banyak kampanye hari ini membosankan. Generasi muda sudah bosan melihat banyak kampanye minim substansi dan lips service semata. Apalagi jika ditambah dengan permainan identitas dan pencitraan yang tak perlu,” terang dia.

Menurut Melki, dalam putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait kampanye tak ada satu pun frasa di dalamnya yang menyebutkan memperbolehkan kampanye di kampus. Yang disebutkan di sana adalah institusi pendidikan diperbolehkan untuk mengundang para calon dengan tidak membawa atribut dan alat peraga.

Namun, kata Melki, celah kebolehan mengundang para calon pemimpin ke kampus ini harus dimanfaatkan. Dia mengatakan, sudah saatnya setiap kampus kembali ke marwahnya sebagai tempat pencarian kebenaran guna sebesar-besarnya kemaslahatan bangsa.

“Tiap calon pemimpin harus diuji kapasitas dan substansinya di dalam kampus secara serius daripada sekadar jualan pencitraan dan kampanye tak bermutu,” kata dia.

Lewat akun Twitter resmi bercentang biru miliknya, bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan sudah menjawab tantangan debat dari BEM UI. Hal itu disampaikan Anies ketika memberikan komentar terhadap berita daring yang memberitakan tantangan dari BEM UI.

"Yuk, kapan?" kata Anies, singkat.

Juru bicara Anies, Sudirman Said mengatakan, debat capres itu akan sangat bagus bila bisa dilaksanakan. Ia berpendapat, inisiatif BEM UI ini patut disambut baik semua kandidat yang akan berkontestasi di Pilpres 2024.

"Pak Anies sudah merespon, akan hadir kapanpun diundang," kata Said, Selasa (22/8/2023).

Sudirman menuturkan, di negara-negara maju penyelenggaraan debat capres memang selalu difasilitasi perguruan-perguruan tinggi ternama. Bahkan, debat seperti itu selalu mendapat perhatian dari seluruh warga negara.

Oleh karena itu, mantan Menteri ESDM itu menyambut baik UI yang mempelopori debat antar kandidat pemimpin nasional tersebut. Ia merasa, itu akan menjadi tren yang diikuti kampus-kampus bergengsi lain di Indonesia.

Selain itu, ia menegaskan, politik memang seharusnya dimulai dengan gagasan-gagasan dan visi. Menurut Said, perguruan tinggi merupakan tempat terbaik dan paling tepat untuk melaksanakan itu semua.

"Kampus tempat terbaik di mana gagasan tentang negara ke depan harus disemai," ujar Said.

Berbeda dengan Anies, bakal capres yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo, menanggapi santai terkait tantangan debat yang diajukan BEM UI. Menurutnya tahapan debat capres Pilpres 2024 belum dimulai.

"Debat opo (apa)? Sabar, wong (orang) belum apa-apa kok debat," kata Ganjar di UGM, Selasa, (22/8/2023).

Ia meminta semua pihak untuk bersabar.  "Sabar," ucap gubernur Jawa Tengah itu.

Namun, Ketua DPP PDIP, Said Abdullah mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik adanya rencana debat bakal capres yang digelar BEM UI. Ganjar Pranowo disebutnya siap hadir dalam acara tersebut.

"Kami akan datang, kami siap untuk datang ke kampus-kampus (untuk berdebat) yes, dan hebat BEM UI itu," ujar Said di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (22/8/2023).

"Pasti diagendakan, gue bagian jadwal kok," sambungnya.

"Pada tingkat basis politik ya tidak boleh, kan perdebatannya pasti substantif arah kebijakan, apa mimpinya prioritas sebagai capres apa. Belajar kuat di bidang ekonomi sosial, itu kan apa pasti dengan kawan-kawan kampus akan di-elaborate," ujar Said, menambahkan.

Sementara bakal capres Prabowo Subianto belum merespons langsung tantangan debat dari BEM UI. Namun, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman mengatakan, bahwa Prabowo tentu siap mengikuti acara debat yang mempertemukannya dengan bakal capres lain.

"Bagus sekali, sebetulnya Pak Prabowo siap dan kita timnya Pak Prabowo juga siap," ujar Habiburokhman di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (22/8/2023).

Menurut Habiburokhman, debat bakal capres tersebut tentu harus dibagi ke dalam berbagai tingkatan dan isu. Namun, dipastikannya bahwa Prabowo dan Partai Gerindra siap menerima ajakan dialog hingga debat yang digelar oleh universitas.

"Saya sendiri paling siap kalau suruh ke kampus ya kan. Kita senang sekali Pak Prabowo juga sangat-sangat siap untuk berdialog dengan civitas akademika," ujar Habiburokhman.

Ketua Prabowo Manisa 08, Immanuel Ebenezer mengatakan, tantangan debat dari BEM UI bagus. Sebab, dari debat-debat seperti itu masyarakat bisa menguji intelektual dan gagasan-gagasan sosok yang akan berkontestasi.

"Bagus, tantangan itu kan ingin menguji sejauh mana intelektual mereka, sekuat apa gagasan-gagasan mereka," kata Noel kepada Republika, Selasa.

Sejauh ini, ia mengaku memang belum mengetahui pasti jawaban Prabowo yang masih berada di AS terkait tantangan itu. Tapi, Noel berpendapat, Prabowo akan senang hati menerima tantangan-tantangan seperti itu.

"Pak Prabowo mah senang-senang saja orangnya, jangankan untuk tantangan debat, ditantang untuk apa saja saya yakin Pak Prabowo akan menerima," ujar Noel.

Sumber: Republika

Baca juga:  cakarif.my.id

Beda Anies dan Ganjar Merespons Tantangan Debat BEM UI. Ini Beda Anies dan Ganjar Merespons Tantangan Debat BEM UI. Info Beda Anies dan Ganjar Merespons. Tentang Beda Anies dan Ganjar. Ini Merespons Tantangan Debat BEM UI. Merespons Tantangan Debat BEM UI.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama