Abraham Samad Nilai Ada Nuansa Politik Soal Pemeriksaan Muhaimin oleh KPK

Abraham Samad Nilai Ada Nuansa Politik Soal Pemeriksaan Muhaimin oleh KPK
Eks Ketua KPK Abraham Samad. (MIFTAHULHAYAT/JAWA POS)

MEDIA IPNU - Abraham Samad Nilai Ada Nuansa Politik Soal Pemeriksaan Muhaimin oleh KPK. Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad menilai, pemanggilan Muhaimin Iskandar dalam kapasitasnya sebagai Menteri Tenaga Kerja (Menaker) periode 2009-2014 oleh KPK kental bermuatan politis.

Sebab, kata Samad, pemanggilan Muhaimin sebagai saksi kasus dugaan korupsi pengadaan sistem proteksi tenaga kerja Indonesia (TKI) di lingkungan Kemenaker tahun 2012 baru dilakukan saat ini, padahal kasus ini sudah lama diusut KPK.

KPK melakukan pemeriksaan kepada Muhaimin setelah ia dideklarasikan sebagai calon wakil presiden berpasangan dengan Anies Baswedan pada Pilpres 2024 mendatang.

"Kenapa kasus ini baru mau diungkap, baru diperiksa setelah deklarasi Cak Imin sama Anies. Ini kan pertanyaan. Kenapa kasus ini tidak diungkap ketika Cak Imin berada di koalisi Prabowo. Jadi jangan salahkan kalau kita anggap ini kasus bermuatan politik dan tebang pilih. Nuansa politiknya keras," kata Samad dikutip Kamis (7/9).

Mengenai penjelasan pihak KPK bahwa Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) kasus tersebut keluar sebelum deklarasi Anies-Muhaimin pada Sabtu, 2 September 2023 lalu, Samad meragukan hal itu. Apalagi, tidak ada pengusutan langsung kepada Muhaimin begitu Sprindik tersebut diterbitkan.

"Siapa yang bisa pastikan demikian (Sprindik keluar Agustus). Kan enggak yang ada yang bisa pastikan. Kalau memang Agustus, kenapa bukan saat itu dia lakukan pemanggilan. Kenapa baru sekarang? Saya kan mantan Ketua KPK, saya tahu prosesnya. Beda kalau saya tidak pernah berada di KPK, mungkin saya 'asbun' (asal bunyi)," tegasnya.

Samad dalam kesempatan ini menyampaikan, dirinya sangat mendukung upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan lembaga antirasuah, karena kejahatan ini merupakan musuh bersama. Namun, dia mengingatkan KPK harus bekerja secara profesional.

"Kenapa kasus ini tidak diungkap ketika Cak Imin berada di koalisi Prabowo. Jadi jangan salahkan kalau kita anggap ini kasus bermuatan politik dan tebang pilih. Nuansa politiknya keras," kata Samad.

Sebagai informasi, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar hari ini memenuhi panggilan penyidik KPK sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pengadaan sistem proteksi TKI di lingkungan Kemenaker.(inh)

Sumber: CNN Indonesia dengan judul "Abraham Samad Soal Pemeriksaan Muhaimin oleh KPK: Ada Nuansa Politik"

Baca juga:  cakarif.my.id

Abraham Samad Nilai Ada Nuansa Politik Soal Pemeriksaan Muhaimin oleh KPK. Ini Abraham Samad Nilai Ada Nuansa Politik. Info Abraham Samad Soal Pemeriksaan Muhaimin oleh KPK.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama