Ketua IPNU Jawa Barat Soroti Pemanggilan Cak Imin oleh KPK, Tuding Sebagai Upaya Politisasi Hukum

Ketua IPNU Jawa Barat Soroti Pemanggilan Cak Imin oleh KPK, Tuding Sebagai Upaya Politisasi Hukum
Ketua PW IPNU Jawa Barat Ahmad Regi Maulana

MEDIA IPNUKetua IPNU Jawa Barat Soroti Pemanggilan Cak Imin oleh KPK, Tuding Sebagai Upaya Politisasi Hukum. Ketua Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Barat Ahmad Regi Maulana menyebut pemanggilan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin oleh KPK terkait kasus korupsi sangat janggal dan tak masuk akal.

“Pemanggilan KPK kepada Cak Imin sangat janggal dan tak masuk akal, kasus tahun 2012 baru dibuka sekarang menjelang Pilpres 2024,” kata Regi Maulana Kamis, (7/9/2023).

Menurut Regi, upaya KPK memanggil Cak Imin terkait kasus korupsi di Kemenaker tahun 2012 tidak bisa dipungkiri sebagai upaya politisasi hukum.

“Meskipun KPK sudah membantah ini adalah politisasi hukum, tapi orang awam pun tahu ini adalah politisasi hukum, dimana KPK dijadikan alat politik ampuh menjatuhkan lawan politik,” ujar dia.

Ia menjelaskan jika upaya-upaya ini terus dilakukan tidak bisa dipungkiri bisa menggerus kepercayaan publik kepada lembaga anti rasuah ini.

“Disisi lain sangat mengancam proses demokrasi kita, disaat yang sama kepercayaan publik kepada penegak hukum utamanya KPK bisa tergerus oleh masalah ini,” imbuh dia.

Regi menegaskan pihaknya mendukung upaya pemberantasan kasus korupsi di Indonesia, namun sangat disayangkan apabila tebang pilih dan menyasar target politik yang berseberangan.

“Kami mendukung KPK, namun KPK sebagai instrumen negara tidak pantas jadi alat untuk menjatuhkan politik, dalam hal ini kita menyebut upaya terhadap Cak Imin adalah tindakan dholim,” pungkas dia.

Profil Abdul Muhaimin Iskandar

Dr. (H.C.) Drs. H. Abdul Muhaimin Iskandar, M.Si. (lahir 24 September 1966), atau lebih dikenal sebagai Gus Muhaimin/Cak Imin adalah seorang politisi Indonesia yang sejak 2005 menjadi Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ayahnya, Muhammad Iskandar, adalah dzurriyah (keluarga) Pondok Pesantren Manbaul Ma'arif, Jombang, Jawa Timur. Menjelang Pemilihan umum Presiden Indonesia 2024, ia bersama PKB telah berkomitmen untuk mendukung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024 - 2029, sekaligus menjadi Calon Wakil Presiden 2024-2029.

Riwayat Hidup

Cak Imin lahir pada tanggal 24 September 1966 di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Ayahnya Muhammad Iskandar merupakan seorang guru di Pesantren Mamba'ul Ma'arif. Kemudian Ibunya Muhasonah Iskandar menjadi pemimpin pesantren tersebut. Sejak kecil, Cak Imin dekat dengan Gus Dur (Abdurrahman Wahid). Menurut Cak Imin, ia mengenal Gus Dur sebagai guru dan pedagang kacang, dan Gus Dur pernah mengajarinya bermain sepak bola.

Ketika memperingati haul Gus Dur pada tahun 2016, Cak Imin dalam editorial majalah Tempo bercerita tentang ayahnya yang menguburkan seorang Muslim abangan, menjadikannya sebagai contoh perilaku yang manusiawi. Cak Imin menambahkan, tulisan itu "membuat ayahnya terkenal". Ia dan Gus Dur mempunyai hubungan kekerabatan jauh, Iskandar sering disebut sebagai keponakan Gus Dur.

Pendidikan pria yang beristri Rustini Murtadho serta ayah 3 (tiga) anak tersebut dimulai di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jombang dan Madrasah Aliyah (MA) Negeri 1 Yogyakarta. Setelah lulus dari Aliyah tahun 1985, Muhaimin Iskandar melanjutkan pendidikan sarjananya di FISIP Universitas Gadjah Mada (UGM) dan selesai pada 1992 dalam usia 26 tahun. Skripsinya berjudul Perilaku Kapitalis Masyarakat Santri: Telaah Sosiologi tentang Etos Kerja Masyarakat Desa di Jawa Timur.Ia melanjutkan masternya 10 tahun kemudian di Universitas Indonesia (UI) bidang komunikasi dan lulus pada tahun 2001. Pada tahun 2017, Muhaimin Iskandar memperoleh doctor honoris causa dari Universitas Airlangga Surabaya.(ma)

Baca juga:  cakarif.my.id

Ketua IPNU Jawa Barat Soroti Pemanggilan Cak Imin oleh KPK, Tuding Sebagai Upaya Politisasi Hukum. Ini Ketua IPNU Jawa Barat Soroti Pemanggilan Cak Imin oleh KPK, Tuding Sebagai Upaya Politisasi Hukum. Info Ketua IPNU Jawa Barat Soroti Pemanggilan Cak Imin oleh KPK. Tentang Ketua IPNU Jawa Barat Soroti Pemanggilan Cak Imin. Ketua IPNU Jawa Barat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama