Makesta IPNU IPPNU Klirong Kebumen, Kukuhkan Jiwa NU Muda - Bangun Karakter Aswaja

Makesta IPNU IPPNU Klirong Kebumen, Kukuhkan Jiwa NU Muda - Bangun Karakter Aswaja
Makesta IPNU IPPNU Klirong Kebumen, Kukuhkan Jiwa NU Muda - Bangun Karakter Aswaja

MEDIA IPNU - Makesta IPNU IPPNU Klirong Kebumen, Kukuhkan Jiwa NU Muda - Bangun Karakter Aswaja. PAC IPNU IPPNU Kecamatan Klirong, Kebumen, Jawa Tengah menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta), Sabtu-Minggu (23-24/12/2023). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid Nurul Huda, Jatimalang, Klirong. Acara berlangsung secara runtut dan berjalan lancar sampai akhir.

Acara ini bertemakan “Mengukuhkan Jiwa Nahdliyyin Muda dan Membangun Karakter Ahlusunah wal Jamaah yang Berkualitas”.

Makesta merupakan acara pengesahan atau penerimaan anggota baru yang ingin bergabung dalam organisasi IPNU-IPPNU.

Dalam acara ini, sambutan dilakukan oleh rekan Teguh sebagai ketua panitia, Bapak Parjono selaku Kepala Desa Jatimalang, dan Bapak Fuad Hasyim, M.Pd. selaku Ketua MWC NU Klirong.

Dalam acara ini, terdapat beberapa pemateri yang memberikan ceramahnya. Ada Bapak Agus MPd, Bapak Dangan Surono SPd, Bapak Nur Hidayat SPd, dan PC IPNU IPPNU Kebumen (Rekanita Afrida Zulfiani).

Materi Makesta membahas tentang Aswaja NU, ke-Indonesiaan , keorganisasian dan kepemimpinan, dan study gender.

Contoh isi materinya adalah: “Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai pulau dan lain-lain. Indonesia merdeka pada hari dimana bung Karno mendeklarasikan kemerdekaan yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945”.

Contoh materi lainnya: “IPNU IPPNU adalah organisasi yang berstatus sebagai badan otonom Nahdliatul Ulama. Tujuan IPNU adalah terbentuknya pelajar putra Indonesia yang bertakwa kepada Allah SWT. Sedangkan tujuan IPPNU sebagai wadah berhimpun santri untuk melanjutkan semangat jiwa dan raga”.

Sesi terakhir yaitu foto bersama guna mengenang acara ini agar lebih berkesan dan dikenang. Penutupan dan bersih-bersih dilakukan oleh semua peserta.

Manfaat yang didapatkan dari Makesta ini adalah ilmu bermanfaat, relasi baru, penginapan, makan, camilan, coffe break, sertifikat, senyum panitia, dan gantungan kunci. Anggota organisasi ini diharapkan dapat mempertahankan dan memajukan organisasi ini agar lebih dikenal dan maju.

Pra-Acara Makesta

Sebelum acara ini dilaksanakan, panitia membuka pendaftaran keanggotaan pada tanggal 19 November -15 Desember 2023. Lalu screening pada tanggal 17 Desember 2023.

Peserta yang diterima kurang lebih 34 orang. Beberapa persyaratannya, yaitu beragama Islam, pelajar/santri, bersedia mengikuti kegiatan hingga akhir, sehat jasmani dan rohani, mengisi form pendaftaran, dan follow akun Instagram: @pac_ipnuippnuklirong.

Acara ini dimulai hari Sabtu jam 9 pagi sampai hari Minggu jam 10 pagi. Jadi, peserta yang ikut diharuskan menginap. Untuk iurannya, peserta dikenakan biaya sebesar Rp 15.000,- (lima belas ribu rupiah).

Penulis: Yuliana Fatmawati (Karder PAC IPNU IPPNU Kecamatan Klirong)

Baca juga:

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama