PP IPNU IPPNU Bentuk Tim Peneliti Muda untuk Optimalkan Kaderisasi

PP IPNU IPPNU Bentuk Tim Peneliti Muda untuk Optimalkan Kaderisasi
FGD PP IPNU dan PP IPPNU

MEDIA IPNUPP IPNU IPPNU Bentuk Tim Peneliti Muda untuk Optimalkan Kaderisasi. Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) dan Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PP IPPNU) melaksanakan Pelatihan dan Bimbingan Riset bekerjasama dengan Alvara Research Center di Hotel Luminor Jakarta, Sabtu-Minggu (27-28/05).

Peserta pada kegiatan pelatihan ini yakni kader IPNU dan IPPNU yang siap dibekali beragam pengetahuan memgenai riset melalui kegiatan Pelatihan dan Bimbingan Riset.

Kegiatan ini bertujuan untuk mewadahi kader-kader IPNU IPPNU untuk membentuk sebuah tim riset dengan mengindentifikasi kebutuhan pelajar serta mengenalintren yang sedang terjadi dikalangan pelajar. Khusunya di ruang lingkup pendidikan, social, dan keagamaan.

Whasfi Velasufah, Ketua Umum PP IPPNU mengatakan. Pembentukan tim riset ini untuk menjawab tantangan yang dinilai kian maju dan berkembang berdasarkan data Rillis yang ada dilapangan.

“Peserta pelatihan ini yakni mereka yang merupakan perwakilan IPNU IPPNU seluruh Indonesia dan akan merumuskan gerak langkah kaderisasi serta menjawab kebutuhan program berdasarkan data Rillis dilapangan,” kata Vella.

Hal tersebut senada dengan apa yang disampaikan Gus Mujiburrohman yang merupakan perwakilan PBNU. Bahwa kegiatan pelatihan tim riset ini bertujuan untuk membuat modul kaderisasi serta merumuskan program-program yang dibutuhkan pelajar berdasarkan data dilapangan.

“Dua tujuan tersebut menjadi dasar kegiatan ini, harapnnya bisa benar-benar menjawab kebutuhkan pelajar-pelajar Nahdliyin serta menjadi role model bagi organisasi pelajar lainnya,” terangnya.

Sebanyak 20 peserta mendapatkan materi pelatihan yang meliputi  Dasar-Dasar Riset Penelitian Sosial dan Laporan Hasil Penelitian.

Gus Mujib sapaan akrabnyapun menyebutkan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan peserta memiliki kemampuan memahami dasar-dasar riset mulai dari pengertian, metode penelitain, laporan penelitian, design riset sample, kuesioner hingga dapat keluar dengan draft kasar questioner baru setelah itu dapat melaksanakan survey ke lapangan dengan jejaring yang ada.

Ia pun berharap pasca kegiatan para peserta dapat menyusun dan melakukan tindak lanjut kegiatan.

“Paska pelatihan diharapkan semua peserta menyusun rencana tindak lanjut dan merealisasikannya,” jelasnya.(af)

Baca juga: Dewadigi Dewadigi.id

PP IPNU IPPNU Bentuk Tim peneliti Muda untuk Optimalkan Kaderisasi. Info PP IPNU IPPNU Bentuk Tim peneliti Muda untuk Optimalkan Kaderisasi. Tentang PP IPNU IPPNU Bentuk Tim peneliti Muda. Ini PP IPNU IPPNU Bentuk Tim. PP IPNU IPPNU.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama