Website SSCASN Down Sedang Maintenance, Pelamar Ramai-Ramai Minta Pendaftaran CPNS Diperpanjang

Website SSCASN Down Sedang Maintenance, Pelamar Ramai-Ramai Minta Pendaftaran CPNS Diperpanjang
Website SSCASN Down Sedang Maintenance, Pelamar Ramai-Ramai Minta Pendaftaran CPNS Diperpanjang

MEDIA IPNU - Website SSCASN Down Sedang Maintenance, Pelamar Ramai-Ramai Minta Pendaftaran CPNS Diperpanjang. Penutupan pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 tinggal beberapa jam lagi, namun website SSCASN down atau tidak bisa diakses.

"Website sedang maintenance. Kami akan segera kembali — Tim pengembang SSCASN," begitu bunyi keterangan website sscasn.bkn.go.id.

Sebagai informasi, menurut jadwal, pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 akan ditutup hari ini, Senin (9/10/2023) pukul 23.59 WIB.

Sementara itu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengatakan sebanyak 39 persen dari total pelamar CPNS dan PPPK belum menyelesaikan pendaftaran di halaman Resume.

"Data statistik pelamar pada pagi tadi, terhitung untuk formasi CPNS dari total pendaftar (membuat akun) sebanyak 1.134.112, tetapi yang masih submit dan akhiri pendaftaran masih berkisar 55 persen pelamar," kata Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Nur Hasan.

Nur Hasan mengatakan, website SSCASN down karena pengunjung yang membludak. Pihaknya akan mencoba mengoptimalkan website SSCASN agar peserta bisa menyelesaikan pendaftaran ke tahap akhir.

"Kami terus mengupayakan portal pendaftaran dapat diakses semaksimal mungkin, meski di tengah akses pelamar yang membludak karena kondisi kebanyakan pelamar yang mencoba mengakhiri pendaftaran dalam waktu yang bersamaan menjelang batas akhir pendaftaran," katanya.

Sejak awal, kata Nur Hasan, para pelamar telah diimbau untuk menggunakan waktu pendaftaran yang tersedia semaksimal mungkin dan menghindari mengakhiri pendaftaran jelang batas waktu berakhir.

Komentar Pelamar PPPK dan CPNS

Jelang penutupan pendaftaran CPNS 2023, tak sedikit dari calon pelamar yang meminta pendaftaran CPNS tahun ini di perpanjang. Hal itu diungkapkan melalui kolom komentar akun instagram resmi @bkngoidofficial.

Mereka beralasan saat masa pendaftaran server Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) sering kali mengalami gangguan (down).

"Admin yth, mohon pertimbangkan perpanjangan waktu. Kami di sini bukan karena tanpa sebab untuk menunda-nunda dan juga waktu yang diberikan tanggal 9 Oktober, tetapi dari kemarin server down/error," kata @andikaprs11, dikutip Senin (9/10).

Idealnya, kata dia, sudah seharusnya menjadi tanggung jawab pihak penyelenggara untuk memfasilitasi kenyamanan perserta.

Dia pun membantah adanya cibiran dari warganet yang menyalahkan pelamar yang mendaftar menjelang penutupan pendaftaran.

"Dan bagi rekan-rekan yang bilang salah sendiri daftar mepet-mepet, hei terserah mau mepet apa enggak, karena masih ada waktu kecuali memang di luar tanggal 9, dia daftar mau minta diperpanjang baru kalian protes," jelas dia.

Perpanjangan Masa Pendaftaran CPNS 2023

Pengguna Instagram yang lain juga ikut menyuarakan permintaan perpanjangan masa pendaftaran CPNS 2023.

"Yang teriak jangan diperpanjang semoga hidup Anda bisa merasakan kesulitan yang sama. Bukan juga nggak mau segera daftar, tapi bagaimana kalau ada yang masih diurus ijazah lah, ada yang nunggu serdik dari GTK lah, ada yang tunggu kepastian plotting prajab lah," kata pemilik akun @azzalia.illahi.

"Karena enggak bisa lanjut ke langkah berikutnya, kalau enggak plotting karena terintegrasi nomor serdiknya sama SSCASN. Jadi jangan jadi manusia egois hanya karena lihat dari satu sisi saja," sambungnya.

Kemudian ada juga yang mengatakan kalau mengurus dokumen seperti ijazah, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), surat bebas narkoba dan lain sebagainya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

"Web (SSCASN) eror terus, bukan sengaja akhiri berkas di hari akhir. Tapi ngurus berkas aja ngabisin waktu 1 minggu lebih, surat bebas narkoba urus 3 hari, SKCK urus 3 hari, e-materai 1 harian dan masih banyak lagi beberapa berkas yang sedikit bingung harus mau isi apa. Ditambah lagi web sering eror. Sangat berharap ada perpanjangan waktu," tulis nj.muddin.(afl)

Baca juga:  cakarif.my.id

Website SSCASN Down Sedang Maintenance, Pelamar Ramai-Ramai Minta Pendaftaran CPNS Diperpanjang. Ini Website SSCASN Down Sedang Maintenance. Info Website SSCASN Down Sedang Maintenance. Tentang Website SSCASN Down.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama